Pengamanan Pemilu 2024, Satpol PP-Damkar Pesisir Barat Siapkan Linmas TPS dan Pekon

Pengamanan Pemilu 2024, Satpol PP-Damkar Pesisir Barat Siapkan Linmas TPS dan Pekon

KPU Tanggamus, Lampung menerima logistik pemilu 2024 berupa surat suara. ILUSTRASI/FOTO NET --

RADARLAMPUNG.CO.ID - Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran (Satpol PP-Damkar) Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) telah melakukan perekrutan Satuan Perlindungan Masyarakat (Satlinmas) dalam pengaman Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2024 mendatang disetiap Tempat Pemungutan Suara (TPS) dan juga Pekon se-Kabupaten setempat.

Kasatpol PP-Damkar Kabupaten Pesbar, Cahyadi Moeis, mengatakan, pembentukan dan perekrutan Satlinmas dalam pengamanan Pemilu 2024 sudah dilakukan dengan berkoordinasi ke seluruh Pekon. Sedangkan, jumlah kebutuhan Linmas itu terdiri dari Linmas Pekon dengan jumlah dua orang untuk setiap Pekon, sehingga kebuutuhan Linmas itu dari 116 Pekon dan Dua Kelurahan itu dibutuhkan sebanyak 236 orang.

BACA JUGA:Bawa Kamera 200MP OIS Serta RAM Besar 12GB, Cek Spesifikasi dan Harga Redmi Note 13 Pro 5G Versi India

“Sedangkan, untuk Linmas TPS Pemilu yang telah dikoordinasikan oleh KPU Pesbar juga sebanyak dua orang setiap TPS, dan untuk jumlah TPS Pemilu di Pesbar ini sebanyak 490 TPS,” katanya.

Sehingga, kata dia, kebutuhan Linmas TPS Pemilu tersebut sebanyak 980 orang. Dengan begitu untuk jumlah Linmas secara keseluruhan baik Linmas Pekon dan TPS total sebanyak 1.216 orang. Semua petugas Linmas yang telah direkrut tersebut juga akan mengikuti pembinaan dan apel bersama dalam persiapan pelaksanaan Pemilu di Kabupaten Pesbar ini yang akan dilaksanakan serentak se-Indonesia pada 14 Februari 2024 mendatang.

BACA JUGA:Gerebek Judi Sabung Ayam, Anggota Polsek Labuhan Maringgai Lampung Timur Hanya Dapat BB

“Kita tentu berharap semua petugas Linmas yang telah direkrut itu nantinya benar-benar dapat melaksanakan tugas dan tanggungjawabnya dengan baik dan maksimal,” jelasnya.

Karena, kata dia, Linmas juga memiliki peran penting dalam menjaga keamanan pada pelaksanaan Pemilu 2024 mendatang. Sehingga, harus benar-benar melaksanakan tugas sesuai dengan peraturan yang berlaku. Selain Linmas, Satpol PP juga akan menurunkan personel dalam menjaga Kamtibmas pada pelaksanaan Pemilu di Kabupaten Pesbar nanti. Sedangkan, untuk jumlah personil Satpol PP yang akan diturunkan itu belum bisa dipastikan jumlahnya.

BACA JUGA:4 Wisata Lampung yang Seru dan Murah Biaya Mulai dari Rp10 Ribu, Ini Lokasinya

“Menjelang pelaksanaan Pemilu nanti baru bisa diketahui jumlah personil Satpol PP yang akan diturunkan, karena memang saat ini juga untuk jumlah personil Satpol PP Pesbar ini masih terbatas,” pungkasnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: