Mudah Ditemukan! Inilah 7 Minuman Sehat untuk Mengatasi Penyakit Anemia

Mudah Ditemukan! Inilah 7 Minuman Sehat untuk Mengatasi Penyakit Anemia

Minuman sehat untuk mengatasi penyakit anemia.-FOTO/PIXABAY-COM-pixabay

RADARLAMPUNG.CO.ID - Anemia merupakan kondisi saat tubuh kekurangan sel darah sehingga penyakit ini dikenal dengan istilah darah rendah yang bisa menyebabkan gejala, mulai dari badan lemas, wajah pucat dan kepala

Ketika Anemia kamu harus mengonsumsi makanan tertentu agar suplai darah di tubuh bertambah. Tak hanya dari makanan, penyembuhan Anemia dapat dioptimalkan dengan mengonsumsi minuman penambah darah.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini adalah beberapa minuman sehat yang harus dikonsumsi untuk mengatasi penyakit Anemia.

1. Jus Tomat

Tomat adalah buah yang memiliki kandungan vitamin C dan zat besi karena dalam 250 gram tomat mengandung hampir 1 miligram zat besi.

BACA JUGA:Hindari 5 Minuman yang Bisa Bikin Gigi Rusak Sejak Dini, Ini Daftarnya

Maka dari itu, buah berwarna kemerahan ini bisa membantu mencegah perburukan kondisi anemia. Hal tersebut khususnya tomat dikonsumsi dengan menu sehat dan bergizi seimbang lainnya.

2. Jus Jeruk

Minuman penambah darah selanjutnya yaitu jus jeruk karena menurut penelitian jus jeruk bisa menjadi minuman untuk membantu mengatasi anemia akibat kekurangan zat besi.

Oleh karena itu, mengonsumsi 63 miligram asam askorbat atau vitamin C pada jus jeruk dipercaya mampu meningkatkan penyerapan zat besi sebanyak 3 kali lipat.

Vitamin C bisa membantu proses penyerapan zat besi di tubuh dan kemudian zat ini akan menjadi bahan baku hemoglobin yaitu komponen sel darah merah yang bertugas untuk mengangkut oksigen ke seluruh tubuh.

BACA JUGA:4 Cara Mengobati Mata Bengkak Akibat Terlalu Lama Menangis

Meskipun konsumsi jus jeruk harus dengan mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi mulai dari kacang-kacangan, sereal dan sayuran berdaun hijau.

3. Jus Stroberi

Stroberi mengandung vitamin C yang baik untuk membantu penyerapan zat besi.

Sebab, jus stroberi dapat menjadi minuman penambah darah yang menyegarkan serta dalam 100 gram buah stroberi memiliki kandungan hingga 60 miligram vitamin C.

4. Jus Wortel

BACA JUGA:Selamat! R.Z.Abdul Aziz Resmi Jabat Rektor IIB Darmajaya

Jika kamu jarang mengonsumsi makanan mengandung vitamin A bisa memperburuk gejala anemia defisiensi zat besi karena vitamin A bertugas mengolah zat besi menjadi sel darah merah.

Sayuran wortel memiliki kandungan vitamin A tinggi karena kandungan karotenoid di dalamnya.

Maka dari itu, minum satu cangkir jus wortel setiap hari memberikan kamu 45,133 IU vitamin A yang baik untuk kesehatan

5. Jus Sayuran

Sayur bayam adalah salah satu sayuran yang kaya akan zat besi sehingga mampu membantu mencegah perburukan kondisi akibat penyakit anemia.

BACA JUGA:Terapkan Skema Normal, Kartu Prakerja Gelombang 63 Tidak Bisa Beli Pelatihan Sembarangan

Jadi, tak perlu ragu untuk menambahkan bayam sebagai salah satu bahan dalam jus sehat yang kamu konsumsi.

6. Susu

Penderita anemia yang mengalami kekurangan vitamin B12 bisa memperoleh nutrisi yang dibutuhkan melalui susu.

Susu rendah lemak mengandung 1 mikrogram vitamin B12 dengan jumlah ini hampir memenuhi setengah porsi angka kecukupan gizi harian untuk orang dewasa.

7. Jus Kismis

BACA JUGA:Closing Statement, Tiga Capres Kompak Bakal Tingkatkan Kesejahteraan TNI-Polri Serta ASN

Jus kismis mengandung zat besi yang tinggi karena minum jus ini secara teratur bisa membantu mengatasi gejala anemia dengan meningkatkan kadar zat besi di dalam tubuh.

Setiap satu cangkir jus kismis memiliki kandungan lebih dari 3 miligram zat besi sehingga baik untuk dikonsumsi setiap harinya.

Semoga bermanfaat, itulah ulasan terkait beberapa minuman sehat yang harus dikonsumsi. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: