Tenggelamkan! Ini Respon Ganjar Pranowo Soal Praktek Illegal Fishing

Tenggelamkan! Ini Respon Ganjar Pranowo Soal Praktek Illegal Fishing

Tenggelamkan! Ini Respon Ganjar Pranowo Soal Praktek Illegal Fishing --dok relawan Ganjar

RADARLAMPUNG.CO.ID-Ganjar Pranowo memberikan respons tegas terhadap isu kapal ikan asing yang masih melakukan praktik illegal fishing di wilayah perairan Indonesia. 

Calon Presiden nomor urut 3 ini menyatakan akan menenggelamkan kapal-kapal tersebut jika tetap melakukan pelanggaran yang terus-menerus. 

Pernyataan tersebut diungkapkan Ganjar usai berdiskusi dengan ribuan nelayan di Kantor DPC HNSI Cilacap pada Selasa, 9 Januari 2024. 

BACA JUGA:Siti Atiqoh Istri Ganjar Pranowo 'Merahkan' Lapangan Tanjung Bintang Lampung Selatan

Menurutnya, Indonesia harus mempertahankan kedaulatan lautnya dengan tegas. Sehingga diperlukan langkah berani dalam hal ini. 

Mengingat, lanjut Ganjar, potensi perikanan Indonesia yang besar. 

Pengamanan itu dengan melibatkan semua pemangku kepentingan. Ada TNI, Kepolisian, Kementrian Perhubungan, KKP dan Kementrian Tenaga Kerja. 

BACA JUGA:5 Mobil Matic yang Nyaman untuk Perjalanan Jauh

Menurutnya, pengamanan tersebut penting untuk memudahkan pemantauan terhadap perairan. 

Untuk mengawasi lautan dari praktik pencurian sumber daya, diperlukan perangkat seperti radar dan kapal patroli yang cepat. 

Ganjar menekankan pentingnya memiliki titik-titik logistik yang memadai agar petugas patroli di laut dapat bekerja secara efisien.

BACA JUGA:Cara Menjaga Baterai HP Agar Tidak Cepat Rusak dan Bisa Tahan Lama 

Namun, jika pelanggaran illegal fishing masih terus terjadi, Ganjar bersedia mengambil langkah tegas dengan menenggelamkan kapal-kapal yang melanggar aturan.

Data progres kegiatan prioritas hingga triwulan III-2023 dari KKP menunjukkan bahwa Direktorat Jenderal Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan (PSDKP) telah memeriksa sebanyak 40 kapal ikan asing. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: