5 Wisata Religi Unik Untuk Umat Muslim di Lampung, Berusia Hampir 185 tahun hingga Bertuliskan Asmaul Husna

5 Wisata Religi Unik Untuk Umat Muslim di Lampung, Berusia Hampir 185 tahun hingga Bertuliskan Asmaul Husna

Wisata Religi Unik Untuk Umat Muslim di Lampung , Salah satu Masjid Jami Al-Anwar mulai berusia Hampir 185 tahun . Ilustrasi/Foto Net.--

Lalu, Ingin ke Tugu Empat Marga hanya Jarak 8,2 km atau 13 menit berkendara dari lokasi masjid Baitus Shobur.

Tugu Empat Marga ini merupakan destinasi wisata ini merupakan simbol kebesaran Empat marga di Kabupaten Tulang Bawang Barat yakni Buay Rujung, Buat Bolan, Sembilan Empu dan Buay Sepertung.

2. Masjid Jami Al Anwar di Bandar Lampung 

Masjid Jami Al Anwar di Bandar Lampung merupakan salah satu wisata religi legendaris di Lampung cocok dijadikan referensi untuk umat muslim.

BACA JUGA:Hanya 7 Jam Dari Bandar Lampung, Wisata Pulau Pisang, Destinasi Pulau Tersembunyi di Pesisir Barat

Masjid berada di Jalan Laksamana Malahayati, Kel. Kangkung, Kec. Teluk Betung, Bandar Lampung sejak tahun 1839 artinya termasuk masjid di Provinsi Lampung telah menginjak usia hampir 185 tahun.

Bahkan Pemerintah Provinsi Lampung melalui Kantor Wilayah Departemen Agama Provinsi Lampung telah menetapkan masjid ini sebagai masjid tertua dan bersejarah di Bandar Lampung. Hal ini tertuang di dalam SK Nomor: Wh/2/SK/147/1997.

Masjid Jami Al-Anwar yang sudah ada sejak 1839 ini awalnya hanya berupa surat atau langgar kecil.

Kemudian, harus direnovasi, termasuk ketika rusak berat saat Gunung Krakatau yang berada di Selat Sunda Meletus Dahsyat pada 1883.

BACA JUGA:Hanya Luas 5 Hektare, Destinasi Wisata Lampung Pulau Permata Punya Pemandangan yang Bikin Takjub

Masjid Jami Al-Anwar yang berada di pinggiran kawasan Pemukiman warga keturunan Tionghoa di Bandar Lampung ini memiliki sejumlah peninggalan bersejarah yang masih ada sampai sekarang.

Masjid dengan luas 6.500 meter ini menjadi satu diantara bukti sejarah jejak penyebaran agama Islam di Lampung.

Hal ini diketahui dari peninggalan kisah dan situs bersejarah di dalamnya diantaranya, memiliki koleksi kitab kuning dan buku buku pengetahuan berbahasa belanda yang berusia ratusan tahun. 

3. Islamic Center di Tulang Bawang Barat 

Islamic Center di Tulang Bawang Barat menjadi salah satu  wisata religi yang unik di Lampung tepatnya berada di Tulang Bawang Barat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: