10 PTN Terbaik 2024 Dengan Skor SINTA Tertinggi, Nomor 6 Ada di Sumatera

10 PTN Terbaik 2024 Dengan Skor SINTA Tertinggi, Nomor 6 Ada di Sumatera

Universitas Gadjah Mada jadi salah satu PTN terbaik di Indonesia dengan skor SINTA tertinggi. FOTO TANGKAPAN LAYAR/INSTAGRAM @ugm.yogyakarta--

RADARLAMPUNG.CO.ID – Berikut ini merupakan 10 Perguruan Tinggi Negeri Terbaik di Indonesia tahun 2024, dengan skor SINTA tertinggi.

SINTA atau Science and Technology Index menjadi situs resmi yang memberikan akses terhadap sitasi dan keahlian di Indonesia.

Di dalamnya menjadi sistem informasi penelitian berbasis web yang menawarkan akses cepat, mudah dan juga komprehensif.

Keberadaan SINTA dalam hal ini digunakan sebagai pengukur kinerja dari para peneliti, institusi dan juga jurnal di Indonesia.

BACA JUGA: 23 Kampus Indonesia Terbaik Se-ASEAN Versi AppliedHE 2024, PTN di Pulau Jawa Mendominasi

Selain itu keberadaan SINTA juga memberikan benchmark serta analisis dan identifikasi kekuatan penelitian dari masing-masing institusi.

Adapun tujuannya adalah untuk mengembangkan kemitraan yang lebih kolaboratif, menganalisis tren penelitian dan juga direktori pakar.

Dalam daftar kampus negeri terbaik kali ini hampir seluruhnya dipegang oleh Perguruan Tinggi yang ada di Pulau Jawa, namun ada satu yang berdiri di Pulau Sumatera yaitu Universitas Andalas, Padang, Sumatera Barat.

Melansir sinta.kemendikbud.go.id, inilah daftar PTN terbaik di Indonesia berdasarkan skor keseluruhan dan skor selama 3 (tiga) tahun terakhir pada laman resmi SINTA per Januari 2024 yaitu sebagai berikut:

BACA JUGA: Referensi HP RAM Besar Dengan Chipset Kelas Atas Dalam Asus ROG Phone 8 Pro Terbaru 2024, Cek Fitur Canggihnya

1. Universitas Gadjah Mada (UGM) 

SINTA score overall 3.693.021

SINTA score 3Yr 1.362.240

2. Universitas Airlangga (UNAIR) 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: