Dosa Anak Bisa Mengalir ke Orang Tua? Begini Penjelasan Ustadz Abdul Somad

Dosa Anak Bisa Mengalir ke Orang Tua? Begini Penjelasan Ustadz Abdul Somad

Ustadz Abdul Somad ketika menjelaskan benar atau tidaknya dosa yang dilakukan anak akan mengalir pada orang tuanya. FOTO TANGKAPAN LAYAR/YOUTUBE Ustadz Abdul Somad Official--

RADARLAMPUNG.CO.ID – Inilah kajian Islam penjelasan Ustadz Abdul Somad tentang dosa anak yang bisa mengalir ke orang tuanya.

Apakah benar apabila seorang anak berbuat kesalahan yang merupakan sesuatu yang dilarang oleh agama maka dosanya ditanggung orang tua?

Dalam penjelasan kajian Islam yang dipublikasikan melalui kanal YouTube pribadinya Ustadz Abdul Somad Official, berkenaan dengan parenting yang harus dilakukan oleh orang tua kepada anaknya.

Ketika Ustadz Abdul Somad pernah ditanya oleh salah satu jemaahnya tentang benarkah jika anak berbuat dosa maka dosanya diwariskan kepada orang tuanya.

BACA JUGA: Bagaimana Hukum Hamil Diluar Nikah? Begini Aturannya Menurut Agama Islam

Apakah benar apabila ada seorang anak yang berbuat suatu kemunkaran lantas dosanya mengalir pada orang tua?

Dalam perkara ini Ustadz Abdul Somad menegaskan bahwasannya dalam Islam, pada prinsipnya orang tua tidak akan mewarisi dosa sang anak.

Begitu pula dengan anaknya yang tidak akan mewarisi dosa akibat kesalahan yang pernah dilakukan oleh orangtuanya.

Karena pada prinsipnya, dalam ajaran agama Islam tidak ada yang namanya istilah transfer dosa antara manusia yang satu dan lainnya.

BACA JUGA: Apakah Orang Tua Bisa Durhaka Pada Anaknya? Begini Penjelasan Ustadz Abdul Somad

“Prinsipnya dalam Islam, bapak tidak mewarisi dosa anak. Anak nggak mewarisi dosa bapak,”kata Ustadz Abdul Somad mengawali penjelasannya.

“Nggak ada istilah transfer dosa itu nggak ada,”lanjutnya.

Kemudian Ustadz Abdul Somad menjelaskan bahwa orang tua akan berdosa apabila ia tidak mendidik anaknya.

Mulai dari memberikan sekolah yang layak, tidak menyuruh anak untuk beribadah bahkan tidak dilarang untuk berbuat maksiat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: