Pemprov Lampung Manfaatkan Lahan Rawa untuk Optimalisasi Produksi Padi dan Jagung

Pemprov Lampung Manfaatkan Lahan Rawa untuk Optimalisasi Produksi Padi dan Jagung

Kepala Dinas KPTPH Lampung Bani Ispriyanto--

RADARLAMPUNG.CO.ID - Optimalkan produksi pangan terutama padi dan jagung, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung siapkan lahan rawah.

Ada 78 ribu lahan rawah yang disampaikan Pemprov Lampung dalam upaya mendukung perluasan area tanam. Juga untuk peningkatan produksi padi maupun jagung.

Lahan-lahan tersebut tersebar di lima kabupaten yang ada di Lampung, seperti Mesuji, Tulang Bawang, Lampung Tengah, Lampung Timur, dan Lampung Selatan.

Itu seperti yang disampaikan Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman saat berkunjung ke Provinsi Lampung beberapa waktu lalu.

BACA JUGA:Alumni Akpol 2019 yang Jadi Kapolsek Perempuan, Polwan Cantik Asal Lampung Berpangkat Sama Dengan Ayah

Kala itu Mental Amran menjelaskan jika salah satu potensi lahan yang dapat digunakan untuk menambah produksi pangan nasional khususnya padi dan jagung adalah lahan rawa dan lahan kering yang belum dimanfaatkan secara optimal. 

Mentan Amran mengajak semua pihak mulai dari pemerintah pusat hingga daerah untuk fokus melakukan upaya peningkatan produksi pangan melalui pemanfaatan lahan rawa baik pasang surut maupun lahan tadah hujan atau non irigasi.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Tanaman Pangan, dan Holtikultura (KPTPH) Lampung, Bani Ispriyano mengatakan, optimalisasi lahan rawah ini merupakan program Kementerian Pertanian (Kementan) RI.

Tujuan dari program optimalisasi lahan rawa ini untuk meningkatkan produksi padi dan jagung yang ada di daerah.

BACA JUGA:Langgar Kode Etik, Bawaslu Lampung Barat Copot Jabatan Ketua Panwascam

Di mana, kata Bani Ispriyanto, benih dan sebagainya untuk optimalisasi lahan rawah tersebut disiapkan oleh Kementan RI  

Ia mengatakan jika optimalisasi lahan rawa merupakan program dari Kementerian Pertanian yang bertujuan untuk meningkatkan produksi padi dan jagung yang ada di daerah setempat.

"Tapi untuk lahannya sudah kita siapkan dan kita juga sudah koordinasi dengan kabupaten," ujar Bani Ispriyanto.

Lanjut Bani Ispriyanto, dinas KPTPH, telah mempercepat tanam padi dibeberapa daerah saat mulai memasuki musim penghujan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: