Banjir Masih Merendam Dusun Tebing Tinggi Desa Talang Batu Mesuji Lampung

Banjir Masih Merendam Dusun Tebing Tinggi Desa Talang Batu Mesuji Lampung

Danramil 426-01 Simpang Pematang, Kodim 0426 Tulang Bawang. Foto Dok--

RADARLAMPUNG.CO.ID - Banjir masih merendam Dusun Tebing Tinggi, Desa Talang Batu, Kecamatan Mesuji Timur, Kabupaten Mesuji.

Tercatat Sekitar 116 kepala keluarga harus beraktifitas didalam air yang menggenang rumah mereka dengan ketinggian hingga satu meter. 

Danramil 426-01 Simpang Pematang, Kodim 0426 Tulang Bawang, Korem 043 Garuda Hitam, Mayor Inf Sutoto mengatakan jika pihaknya menyiagakan sejumlah anggotanya di lokasi banjir. 

"Anggota kami bersiaga di beberapa lokasi banjir, termasuk di Dusun Tebing Tinggi.  Mereka membantu aktifitas masyarakat dan melakukan evakuasi kepada lansia yang rumahnya terendam," jelas Sutoto. 

Selain itu, pihaknya juga menyampaikan jika pihaknya telah memberikan beberapa bantuan kepada masyarakat. 

"Bantuan seperti mie instan kami berikan untuk masyarakat. Kami akan selalu siap siaga di lokasi banjir. Kami berharap banjir dapat segera surut," lanjut dia.

Sementara Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mesuji menyiapkan air bersih untuk warga yang terendam banjir.

“Dilokasi banjir Kita mempersiapkan tangki air bersih karena di lokasi banjir air bersih sangat dibutuhkan

Kata Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan, (BPBD) Mesuji Maulana kepada radarlampung.co.id Jumat 19 Januari 2024.

"Jadi kita stand by kan mobil tanki air sebanyak 10.000 liter untuk kebutuhan masyarakat," jelasnya.

Penyaluran air bersih dilakukan agar warga terdampak masih dapat memenuhi kebutuhan dasarnya.

Wansi (50), warga setempat mengatakan jika banjir sudah berlangsung selama beberapa hari lalu. Akibatnya, aktifitas masyarakat lumpuh total. 

"Banjir memang kerap datang jika musim penghujan. Bukan hanya rumah, banjir juga rendam sawah kami sekitar 80 hektar yang siap panen. Kami berharap ada bantuan dari pemerintah untuk meringankan beban kami," jelas dia. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: