Adakah Orang Tua yang Durhaka Terhadap Anak? Begini Kata Ustadz Abdul Somad

Adakah Orang Tua yang Durhaka Terhadap Anak? Begini Kata Ustadz Abdul Somad

Mencaci maki anak dengan kata-kata kasar menjadi salah satu penyebab dosa sebagai bentuk kedurhakaan orang tua pada anaknya. ILUSTRASI/FREEPIK--

RADARLAMPUNG.CO.ID – Dewasa ini kita pasti sudah seringkali mendengar tentang anak yang durhaka terhadap orang tuanya.

Namun apakah itu tidak berarti bahwa orang tua juga bisa berbuat dosa hingga menjadi durhaka terhadap anak?

Adakah orang tua yang durhaka terhadap anak-anaknya baik dalam perkataan maupun perbuatan padahal mereka menyebutnya sebagai cara mendidik anak atau parenting Islam?

Ustadz Abdul Somad dilansir dari kajian Islam yang dipublikasikan lewat kanal YouTube Tanya Ustadz Abdul Somad mengatakan bahwa jika ditanya apakah ada orang tua yang durhaka kepada anaknya, maka jawabannya ada.

BACA JUGA:5 Dosa Orang Tua Terhadap Anak yang Paling Dibenci Allah

“Ada. ‘Hai sayyidina Umar ini anakku durhaka tolong hukum dia’ kata seseorang. Umar itu orangnya alim, dipanggilnya si anak ‘anak sini’’kata Ustadz Abdul Somad mengawali penjelasannya.

“Apa kata si anak? ‘Apakah aku sebagai anak punya hak terhadap ayahku?’ apa kata Umar? ‘Na’am (ada),”lanjutnya.

Ustadz Abdul Somad juga melanjutkan kisah tersebut sehingga sayyidina ‘Umar memberitahukan kepada orang yang memintanya untuk menghukum sang anak.

Bahwasannya seorang anak memiliki setidaknya tiga hak atas dirinya sebagai anak yaitu ibu yang sholehah, diberi nama yang baik dan diberi makan makanan yang halal.

BACA JUGA:Ada 59 Kasus Kekerasan Perempuan dan Anak di Lampura Sepanjang 2023

“Apa hakku kata si anak, tiga hak anak: kasih emak yang sholehah, kasih nama yang baik, kasih makan yang halal,”tutur Ustadz Abdul Somad.

“Ayahku tak kasih aku emak yang baik, nama yang baik dan makan yang baik,”sambungnya.

“Kata Umar, ‘Kau sudah lebih dulu durhaka kepada anakmu, sebelum anakmu itu durhaka pada engkau,’’pungkas Ustadz Abdul Somad mengakhiri penjelasannya.

Melansir kanal YouTube Setetes Embun, terdapat beberapa perbuatan yang paling dibenci Allah karena menimbulkan dosa orang tua akibat kedurhakaan terhadap anak-anaknya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: