Harus Timbal Balik, Lampung Wajib Mampu Tarik Wisatawan Dari Yogyakarta dan Bali

Harus Timbal Balik, Lampung Wajib Mampu Tarik Wisatawan Dari Yogyakarta dan Bali

Pakar Transportasi dari Institut Teknologi Sumatera (ITERA) Muhammad Abi Berkah Nadi.-- -Sumber foto : ist.---

RADARLAMPUNG.CO.ID - Geliat dunia transportasi udara di Bandara Radin Inten II semakin menunjukkan peningkatan pasca pandemi Covid-19.

Pihak Bandara Radin Inten II tahun 2023 lalu mencatat ada kenaikan jumlah pengguna transportasi udara sebesar 33,5 persen dibanding tahun sebelumnya.

Di mana, ada 920.295 pergerakan penumpang di tahun 2023. Jumlah tersebut meningkat 230.941 penumpang dibanding tahun 2022 sebanyak 689.354 penumpang.

Sedangkan untuk pergerakan pesawat di Bandara Radin Inten II selama tahun 2023 mengalami peningkatan 20,6 persen dibanding tahun sebelumnya.

BACA JUGA:Nasihat Emas Ustadz Abdul Somad Terhadap Orang Tua yang Tidak Berlaku Adil pada Anak-Anaknya

Selama 2023 ada 6.810 pergerakan pesawat baik yang lepas landas maupun mendarat di Bandara Radin Inten II.

Sedangkan, pada tahun 2022, ada 5.645 pergerakan pesawat di Bandara Radin Inten II baik yang lepas landas maupun mendarat.

Dengan semakin meningkatnya jumlah pergerakan penumpang dan pesawat di Bandara Radin Inten II ini membuat optimis tranportasi udara di tahun 2024 khusus di Lampung.

Di awal tahun 2024, Bandara Radin Inten II membuka rute baru Lampung-Bali (PP) yang dilayani oleh maskapai AirAsia, mulai Rabu 17 Januari 2024 dengan frekuensi penerbangan empat kali dalam satu minggu.

BACA JUGA:5 Zodiak yang Bakal Naik Jabatan 2024, Intip Ramalan Karir Hari Ini

Begitu juga rute Lampung-Bali via Yogyakarta yang akan dilayani maskapai Lion Air, hari ini 21 Januari 2024.

Serta rencana penambahan frekuensi penerbangan dari Bandaran Radin Inten II ke Bandara Taufik Kiemas yang semula satu kali seminggu menjadi dua kali seminggu.

Pakar Transportasi dari Institut Teknologi Sumatera (ITERA) Muhammad Abi Berkah Nadi menyambut baik dengan diaktifkannya rute-rute baru di Lampung.

Menurut Abi, adanya penambahan rute penerbangan baru sangat baik dalam pengembangan ekonomi dan pariwisata bagi Lampung, apalagi dengan rute yang baru di buka ke Yogyakarta dan Bali. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: