4 Perkara yang Dilarang Rasulullah SAW Ketika Makan

4 Perkara yang Dilarang Rasulullah SAW Ketika Makan

Berlebihan saat makan sesuatu menjadi hal yang dilarang oleh Rasulullah SAW. ILUSTRASI/FREEPIK--

RADARLAMPUNG.CO.ID – Inilah beberapa perkara yang menjadi hal yang dilarang Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam kepada umatnya ketika sedang makan.

Dalam hal ini Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam melarangnya bukan tanpa sebab, namun karena rasa kasih dan sayangnya terhadap umatnya.

Adapun larangan Rasulullah shalllallahu’alaihi wa sallam kepada umatnya ketika sedang makan ini memang terdengar remeh, padahal tujuannya sangat mulia.

Ketika makan pun ada adabnya, sehingga tidak boleh dibiasakan menjadi suatu kebiasaan buruk yang dapat merugikan.

BACA JUGA: 20 Perkara yang Dilarang Rasulullah SAW Dilakukan Umatnya

Adab ketika makan yang menjadi perkara yang dilarang oleh Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam ini dijelaskan dalam hadis yang berkaitan dengan hal tersebut.

1. Mencela Makanan

Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam sangat tidak menganjurkan bahkan melarang umatnya mencela makanan yang sudah terhidang dihadapannya.

Sebagaimana diriwayatkan dari Abu Hurairah radhiyallahu’anhu, ia berkata bahwa Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam bersabda:

BACA JUGA: Enak dan Gurih! 4 Rekomendasi Sate Padang Legend di Bandar Lampung

“Nabi shallallahu’alaihi wa sallam tidak pernah mencela makanan sekali pun. Apabila beliau berselera (suka), beliau memakannya,”.

“Apabila beliau menyukainya, beliau pun meninggalkannya (tidak memakannya), (HR Bukhari dan Muslim).

2. Makan dan Minum Sambil Berdiri

Sejak kecil, kita selalu diajarkan makan dan minum sambil duduk karena jika dilakukan sambil berdiri konon tidak baik untuk kesehatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: