IKLH Lampung Tahun 2023 Masuk Kategori Sedang

IKLH Lampung Tahun 2023 Masuk Kategori Sedang

IKLH harus menjadi perhatian bersama.---Foto: Prima Imansyah Permana/ Radarlampung.co.id.---

BACA JUGA:Ternyata Osteoporosis Bisa Menyerang Usia Muda, Kenali 4 Penyebabnya

Untuk penghitungan IKA di air sungai parameternya mulai dari derajat keasaman (pH), kebutuhan oksigen biologi (BOD), kebutuhan oksigen kimiawi (COD).

Padatan tersuspensi total (TSS), oksigen terlarut (DO), nitrat (NO3-N), total Phosphat (T-Phosphat), dan Fecal Coliform (Fecal Coli).

Untuk pengukuran IKA di waduk dan lainnya mulai dari pH, BOD, COD, TSS, DO, T-Phosphat, kecerahan, Fecal Coli, Klorofil-a, dan total nitrogen.

Pengukuran IKU parameternya mulai dari Sulfur Dioksida (SO2) dan Nitrogen Dioksida (NO2). 

BACA JUGA:Dijadwalkan Tayang 22 Februari 2024, Still Cut Film Exhuma yang Dibintangi Kim Go Eun Penuh Misteri

Kemudian untuk penghitungan IKL parameternya mulai dari tutupan vegetasi hutan dan tutupan vegetasi non hutan. Dengan koreksi kanal dan luasan yang terbakar.

Pengukuran IKUL dengan parameter perhitungannya mulai dari DO, TSS, minyak dan lemak, amonia total, dan orto fosfat.

"IKLH ini ada empat, bagaimana kita menjaga kualitas udara baik, menjaga kualitas air baik, menjaga lahan baik, dan menjaga kualitas air laut baik. Jadi ini kita jaga lingkungan," ujar Emilia Kusumawati.

Kata Emilia Kusumawati, Provinsi Lampung masuk provinsi yang dinilai bahwa kondisi lingkungan hidup di Provinsi Lampung baik.

BACA JUGA:Menginap di Rumah Warga Ini, Ganjar Pranowo Belajar Arti Toleransi

Sebab dari dari 38 provinsi yang ada saat ini, Lampung masuk 10 besar dinilai untuk diwawancarai kepala daerahnya sebagai penilaian. 

Emil Kusumawati mengatakan penilaian IKLH dilakukan di kabupaten/kota yang dinilai banyak terdapat industri namun tidak terlalu banyak ruang terbuka hijau.

Hasilnya, indikator udara di Provinsi Lampung sendiri menurutnya saat ini dalam keadaan baik setelah melakukan pengujian dibeberapa kabupaten/kota.

Pengujian yang dilakukan dilokasi yang banyak industri mulai dari Bandar Lampung, Lampung Selatan Pesawaran, Way Kanan, Tulang Bawang, Lampung Tengah, hingga Lampung Timur. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: