6 Cara Jitu Hadapi Anak Speech Delay

6 Cara Jitu Hadapi Anak Speech Delay

Ilustrasi anak dan ibu.-Pixabay-

RADARLAMPUNG.CO.ID - Perkembangan si kecil pada setiap tahapnya menjadi hal yang dinanti-nantikan orang tua, utamanya pada umur keemasannya.

Jika ada satu proses saja yang terlambat, seperti speech delay yang artinya terlambat bicara, bukan tidak mungkin akan membuat ibu cukup khawatir.

Pasca lahir, sang anak kemudian masuk tahap MengASIhi selama 6 bulan full dilanjutkan dengan MPASI lalu berproses duduk, merangkak, melangkah, lalu berbicara.

Ketika salah proses tersebut tidak terlewati dengan baik dan anak cenderung pendiam, sudah tentu bunda mengalami kekhawatiran.

BACA JUGA:Ribuan Calon Jamaah Haji Lampung Belum Lunasi BPIH, Kemenag Ingatkan Soal Ini

Yang lantas muncul berbagai pertanyaan mengapa kemampuan bicara belum juga muncul pada si kecil.

Keterlambatan bicara biasanya dialami pada bayi dengan usia tiga tahun keatas.

Di mana normalnya bayi sudah mulai bisa belajar berbicara di usia satu tahun dengan mengucap AIUEO hingga sebutan orang tua Mama, Ayah, dan lainya.

Biasanya hal ini terjadi lantaran orang tua tidak terlalu cermat mengajak anaknya bercengkrama, yang bisa saja karena kesibukan di luar dan lain hal.

BACA JUGA:Apakah Ada Kentut yang Tidak Membatalkan Wudhu? Begini Penjelasan Syekh Ali Jaber

Apabila pada usia tersebut anak belum juga bisa berbicara, bunda harus tetap tenang dan bisa sembari melakukan berberapa hal di bawah ini.

1. Bacakan Dongeng atau Cerita Setiap Hari

Usaha pertama bunda dan ayah adalah memberikan stimulus berupa cerita atau dongeng dengan menunjukan gambar.

Pada saat itu anak yang sudah terbiasa akan mudah menirukan orang tuannya berbicara, hal ini baik dilakukan bahkan ketika si kecil masih bayi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: