Desa Lerep Optimalkan BRILink dalam layanan Perbankan dan Pengembangan Eduwisata

Desa Lerep Optimalkan BRILink dalam layanan Perbankan dan Pengembangan Eduwisata

Desa Lerep Optimalkan BRILink dalam layanan Perbankan dan Pengembangan Eduwisata--dok Relawan Ganjar

RADARLAMPUNG.CO.ID-Desa Lerep, yang terletak di Kecamatan Ungaran Barat, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, telah memanfaatkan potensi alamnya secara optimal untuk meningkatkan kesejahteraan warga.

Wilayah yang terletak di kaki Gunung Ungaran ini, dengan ketinggian 340-910 meter di atas permukaan laut (mdpl), sangat cocok untuk budi daya berbagai komoditas seperti kopi, cengkih, durian, dan rempah-rempah.

Dengan luas wilayah mencapai 682,32 hektar (ha), Desa Lerep juga memiliki objek wisata alam seperti Curug Indrokilo dan Embung Sebligo.

BACA JUGA:Ternyata, Kelompok AKI yang Diduga Aliran Sesat Sudah Hampir Satu Tahun Bermarkas di Pesawaran

Pemerintah desa beserta warga Desa Lerep telah berinovasi untuk mengembangkan potensi tersebut dengan mengubah desa menjadi destinasi wisata.

Sumariyadi, Kepala Desa Lerep, mengungkapkan bahwa ide pengembangan desa wisata muncul ketika masalah limbah dari sapi-sapi yang dipelihara oleh warga menjadi perhatian serius.

Untuk mengatasi masalah tersebut, pemerintah desa dan masyarakat setempat mengumpulkan semua sapi ke satu lokasi dan mendirikan peternakan sapi yang berfokus pada pengelolaan limbah dan produksi biogas serta pupuk organik.

BACA JUGA:Serap Aspirasi Masyarakat, M. Firsada Keliling Hadiri Musrenbang dan Rembuk Stunting di Kecamatan

Dari inovasi ini, Desa Lerep berkembang menjadi destinasi wisata edukasi dan ekologi dengan berbagai kampung tematik seperti Kampung Durian, Kampung Kopi, dan Kampung Keripik.

Untuk mengembangkan potensi ini lebih lanjut, Desa Lerep mengembangkan program Paket Eduwisata yang dikelola oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Gerbang Lentera.

Melalui program ini, wisatawan dapat mengikuti rangkaian kegiatan wisata edukasi mulai dari belajar menanam padi hingga mempelajari budaya lokal.

BACA JUGA:Cegah Banjir, Pemkot Metro Lakukan Evaluasi

Desa Lerep juga memanfaatkan produk-produk perbankan dari BRI untuk mendukung aktivitas ekonomi masyarakat.

Di antaranya adalah penggunaan QRIS BRI untuk transaksi di Pasar Kuliner Jajanan Ndeso setiap Minggu Pon dan Pahing, serta kehadiran AgenBRILink sebagai perluasan layanan perbankan BRI.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: