Pemanfaatan AgenBRILink dalam Pengembangan Ekonomi Desa Sondregeasi

Pemanfaatan AgenBRILink dalam Pengembangan Ekonomi Desa Sondregeasi

Pemanfaatan AgenBRILink dalam Pengembangan Ekonomi Desa Sondregeasi-screenshot youtube-

RADARLAMPUNG.CO.ID-Di Desa Sondregeasi, Kabupaten Nias Selatan, Sumatra Utara, keindahan Pantai Nanio tidak hanya menjadi daya tarik wisata, tetapi juga merupakan tempat bagi pengembangan potensi agrobisnis kelapa.

Dikelilingi oleh perkebunan kelapa, Desa Sondregeasi memiliki sekitar 80 persen penduduknya yang berprofesi sebagai petani kelapa.

Menurut Kepala Desa Sondregreasi Perhatian Ge'e sebelumnya hasil kelapa hanya diolah secara tradisional menjadi kelapa kering atau kopra, serta minyak kelapa dengan metode tradisional.

BACA JUGA:Referensi HP Android Murah 1 Jutaan yang Bawa Fitur Menarik Dalam Spesifikasi Realme Note 50 Terbaru 2024

Hal ini menyebabkan nilai ekonominya belum optimal.

Namun, melihat potensi tersebut, Pemerintah Desa Sondregeasi bersama Badan Usaha Milik Desa (BUM Desa) Hagazato dan masyarakat lokal mengambil inisiatif untuk mengembangkan produk turunan kelapa yang bernilai ekonomis tinggi.

Diantaranya seperti virgin coconut oil (VCO), sabun alami, pupuk organik, produk kerajinan tangan, briket batok kelapa, dan cocopeat dari sabut kelapa.

BACA JUGA:Satu Ayat Surga pun Dapat, Simak Penjelasan Syekh Ali Jaber Tentang Ayat Kursi

Tidak hanya itu, BUM Desa Hagazato juga memiliki unit usaha penyewaan alat pesta serta memproduksi pakaian tradisional khas Nias Selatan untuk melestarikan kebudayaan lokal.

Sebagai langkah progresif dalam pengembangan ekonomi desa, BUM Desa Hagazato berencana membuka unit usaha AgenBRILink dari PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI.

AgenBRILink menjadi perluasan layanan perbankan BRI dengan konsep kerja sama antara nasabah BRI sebagai agen, memungkinkan masyarakat untuk melakukan transaksi perbankan secara online tanpa harus ke kantor BRI.

BACA JUGA:Update Top 100 Perguruan Tinggi Terbaik di Indonesia Versi Impact Rank Webometrics 2024

Masyarakat Desa Sondregeasi, terutama para agen yang merupakan warga dengan usaha seperti toko atau kedai besar, telah memanfaatkan layanan perbankan yang disediakan AgenBRILink.

Termasuk untuk menabung, tarik tunai, dan pembayaran tagihan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: