Di Nagari Tanjung Haro Sikabu kabu Padang Panjang, Ada Peran Agen BRILink Dongkrak Ekonomi Inklusif

Di Nagari Tanjung Haro Sikabu kabu Padang Panjang, Ada Peran Agen BRILink Dongkrak Ekonomi Inklusif

Di Nagari Tanjung Haro Sikabu kabu Padang Panjang, Ada Peran Agen BRILink Dongkrak Ekonomi Inklusif--screenshot lubis family channel

RADARLAMPUNG.CO.ID-Nagari Tanjung Haro Sikabu-kabu Padang Panjang, sebuah wilayah yang terletak di Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatera Barat, memiliki potensi alam dan panorama yang menakjubkan. 

Wilayah ini berhasil mengoptimalkan berbagai potensi yang dimilikinya, mulai dari sumber daya alam, ekonomi, budaya, hingga pariwisata, sehingga menjadi desa yang tangguh.

Prestasi tersebut tidak terlepas dari pengembangan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) atau BUMNag sebagai penggerak utama ekonomi desa. 

BACA JUGA:Mengintip Aktivitas Brigpol Ita Sombo Allo, Polwan Cantik Anggota Satgas Operasi Damai Cartenz

Salah satu usaha yang dikelola oleh BUMNag adalah Folka Space, sebuah coffee shop yang berada di tengah hutan pinus.

Menurut Wali Nagari Tanjung Haro Sikabu-kabu Padang Panjang, Nofrizal, keberadaan BUMNag merupakan bagian integral dari pemerintahan desa dan menjadi salah satu prioritas untuk meningkatkan kesejahteraan nagari.

Folka Space didirikan sebagai upaya untuk mengatasi konflik sosial dan penebangan hutan pinus yang dilakukan oleh warga setempat. 

BACA JUGA:Asik! Ada 3 Tambahan Tunjangan Bagi PNS, TNI, dan Polri Di 2024, Cek Daftar Lengkapnya

Selama pandemi Covid-19, banyak warga yang kembali ke kampung halaman dan mengalami keterbatasan finansial, sehingga terpaksa menebang hutan pinus secara besar-besaran. Dengan adanya Folka Space, konflik sosial dapat diredakan dan hutan pinus dapat terselamatkan.

Tidak hanya itu, Folka Space juga memberikan dampak positif bagi lingkungan dan ekonomi lokal. 

Nofrizal melibatkan warga setempat dalam pengelolaan Folka Space, termasuk mantan penebang hutan pinus, sehingga mereka dapat terlibat sebagai pekerja di sana.

BACA JUGA:Santriwati di Lampung Tengah Tujuh Kali Dicabuli, Diduga Ada Korban Lainnya

Selain itu, keberadaan AgenBRILink di desa juga memberikan kontribusi positif bagi ekonomi masyarakat. 

Agen ini memungkinkan warga yang sebagian besar adalah petani untuk melakukan transaksi perbankan tanpa harus pergi ke kantor cabang. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: