Unila Komitmen Selenggarakan PMB 2024 yang Bersih

Unila Komitmen Selenggarakan PMB 2024 yang Bersih

Unila) berkomitmen menyelenggarakan Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) 2024 yang bersih. Hal ini diungkapkan Rektor Unila Prof. Dr. Ir. Lusmeilia Afriani, D.E.A., I.P.M., ASEAN.Eng. saat launching SNPMB 2024.--

RADARLAMPUNG.CO.ID - Universitas Lampung (Unila) berkomitmen menyelenggarakan Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) 2024 yang bersih. Hal ini diungkapkan Rektor Unila Prof. Dr. Ir. Lusmeilia Afriani, D.E.A., I.P.M., ASEAN.Eng. saat launching SNPMB 2024.

Prof. Lusi --sapaan akrab Prof. Lusmeilia Afriani-- menyatakan Unila berkomitmen menyelenggarakan PMB yang bersih.

''Dengan mengusung PMB Unila Proaktif, kita berupaya meningkatan kualitas proses seleksi PMB sesuai dengan prinsip-prinsipnya yang telah dituangkan dalam regulasi," katanya.

Transformasi pendidikan tinggi di Indonesia yang sekarang ini tengah berjalan, kata Prof. Lusi bertujuan membentuk lulusan yang memiliki kompetensi multidisiplin dan memiliki dasar yang kuat terhadap disiplin ilmu utama setiap program studinya.

BACA JUGA:Portofolio Pembiayaan Berkelanjutan BRI Tumbuh Double Digit, Tembus Rp777 Triliun

''Arah kebijakan transformasi pendidikan tinggi ini salah satunya diimplementasikan dalam mekanisme PMB pada perguruan tinggi negeri secara nasional dan mandiri yang sejalan dengan semangat Merdeka Belajar guna mendorong peningkatan serta perbaikan mutu pendidikan," ujarnya.

Pendidikan tinggi, kata Prof. Lusi, merupakan kunci utama dalam pengembangan sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas.

''Melalui pendidikan, kita membuka pintu untuk inovasi, penelitian, dan pengembangan keterampilan yang esensial. Universitas bukan hanya tempat memperoleh ilmu, tetapi juga wadah untuk mengasah bakat, melatih pemikiran kritis, dan mempersiapkan pemimpin masa depan di setiap daerah di Indonesia. Pemerataan akses pendidikan adalah landasan untuk membangun negara yang kuat dan maju," ungkapnya.

Setiap masyarakat, kata Prof. Lusi, memiliki potensi dan peluang yang sama untuk melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi.

BACA JUGA:Soal Pemeriksaan Saksi Kasus KONI, Kajati: Saksinya Ada Banyak

"Kita sudah melakukan sosialisasi dan promosi PMB 2024 sejak awal tahun. Tahun ini, promosi PMB Unila telah dilakukan secara terintegrasi dengan melibatkan fakultas-fakultas," katanya.

Saat ini, kata Prof. Lusi, tercatat sosialisasi sudah dilakukan di Kabupaten Mesuji, Pesawaran, Pringsewu, Lampung Tengah, Tanggamus, dan menyusul di Kabupaten Lampung Barat, Waykanan, Lampung Timu, dan kabupaten/kota lainnya di Provinsi Lampung.

"Kita juga menjadwalkan sosialisasi ke Sumatera Selatan, Bengkulu, dan Banten. Dengan sosialisasi diharapkan dapat membuka cakrawala pengetahuan bagi pihak sekolah, guru, siswa, dan masyarakat umum tentang proses PMB yang ada di PTN, khususnya di Unila," ujarnya.

Bagian lain dari bentuk komitmen Unila dalam upaya memberikan kesempatan yang sama bagi siswa untuk melanjutkan pendidikannya ke perguruan tinggi, kata Prof. Lusi, adalah dengan mendekatkan perguruan inggi kepada masyarakat yang disebut sebagai Program Studi di  Luar Kampus Utama/PSDKU.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: