Satu CJH Tulang Bawang Dipastikan Gagal Berangkat, Dilimpahkan ke Ahli Waris

Satu CJH Tulang Bawang Dipastikan Gagal Berangkat, Dilimpahkan ke Ahli Waris

Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah Kemenag Tulang Bawang H. Zainal Arifin-Dokumentasi -

RADARLAMPUNG.CO.ID - Satu orang calon jamaah haji (CJH) Tulang Bawang dipastikan gagal menunaikan ibadah Haji tahun 1445 Hijriah/2024.

Kegagalan satu CJH tersebut karena tidak Istitaah dalam hal kesehatan. Karena hal itu, kuota CJH tersebut akan dilimpahkan kepada ahli warisnya.

Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah H. Zainal Arifin mengatakan, para CJH Tulang Bawang telah melaksanakan pemeriksaan kesehatan. 

Pemeriksaan tersebut menjadi salah satu syarat mutlak untuk melakukan pelunasan biaya perjalanan ibadah haji (Bipih).

BACA JUGA:Desa Kelawi Raih Penghargaan Desa BRILian Hijau 2023 Berkat Digitalisasi Keuangan

Dalam proses pemeriksaan kesehatan tersebut, terdapat satu CJH Tulang Bawang yang tidak Istitaah karena tidak memenuhi syarat kesehatan.

"Iya, ada satu jamaah tidak Istitaah dan harus dilimpahkan ke ahli waris. Jamaah tersebut sakit permanen," kata Zainal, Rabu 7 Februari 2024.

Pada bagian lain, sebanyak 63 calon jamaah haji (CJH) asal Kabupaten Tulang Bawang tercatat belum melunasi biaya perjalanan ibadah haji (Bipih) 1445 Hijriah/2024.

Kemenag Tulang Bawang mengimbau kepada para CJH untuk segera melunasi sebelum batas waktu pelunasan ditutup pada 12 Februari 2024.

BACA JUGA:Caleg DPD RI Nomor Urut 4 Almira Nabila Fauzi Fokus Pengembangan UMKM Lampung

Kepala Kantor Kemenag Tulang Bawang H. A. Jalaluddin mengatakan, tahun ini jumlah kuota haji reguler Tulang Bawang yakni 377 jamaah. Sementara untuk cadangan sebanyak 87 orang. 

Hingga Senin 5 Februari 2024, Kemenag mencatat baru 314 CJH Tulang Bawang dari total kuota 377 yang sudah melakukan pelunasan.

Diketahui, tahap satu pelunasan sendiri telah dibuka sejak tanggal 10 Januari 2024. Tahap satu pelunasan akan ditutup pada 12 Februari mendatang.

Dari 314 CJH yang sudah melakukan pelunasan, 281 CJH merupakan jamaah reguler dan 33 sisanya dari jamaah cadangan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: