Sabar Ya Mama, Begini Cara Menghadapi Anak Hiperaktif

Sabar Ya Mama, Begini Cara Menghadapi Anak Hiperaktif

Ilustrasi anak sekolah.-Pixabay-

RADARLAMPUNG.CO.ID - Prilaku anak yang bisa membuat orang tua kewalahan dalam mengasuhnya salah satunya yakni mempunyai tenaga berlebih atau hiperaktif.

Pada umumnya, orang tua dengan anak yang mempunyai energi berlebih akan mudah lelah mengimbanginnya sehingga tak jarang menyulut emosinya.

Anak hiperaktif mempunyai banyak ciri yang bisa bunda kenali sedari dini meskipun hal ini bukanlah sebuah penyakit berbahaya yang dapat disembuhkan dengan obat.

Biasanya anak dengan hiperaktif mempunyai ciri mudah teralihkan, ceroboh, mudah lupa, tidak bisa duduk diam, gelisah, selalu ingin bicara, tidak bersabar, dan tidak punya ketakutan.

BACA JUGA:5 Negara yang Punya Beasiswa Luar Negeri, Cocok Buat Mahasiswa Indonesia yang Ingin Study Abroad

Tak sedikit anak dengan ciri-ciri di atas banyak mengalami ketidak lancaran dalam bersekolah.

Mulai dari nilai buruk, sulit berprestasi, tidak disiplin, juga sulit dalam beriteraksi dengan lingkungan.

Bunda yang mempunyai anak dengan kriteria di atas harus lebih bersabar, dan memberi perhatian khusus supaya anak bisa mengubah kepribadian yang menguras energi ini.

Selain bersabar, berikut Radarlampung.co.id sampaikan beberapa cara menghadapi anak hiperaktif sehingga anak bisa mengontrol prilakunya demi masa depannya kelak, dikutip dari berbagai laman kesehatan.

BACA JUGA:Daftar Pilihan Mobil Matic Minimalis 2024 Cocok Bagi Perempuan Eksis

1. Berikan Rutinitas Pendisiplinan

Bunda bisa memulainya dengan membuat anak patuh dan disiplin terhadap peraturan yang dibuat, jika melanggar maka terdapat sanksi tertentu.

Misalnya saja mengatur jam main, makan, jam tidur dan aktivitas lainnya dengan tepat waktu memberi aturan sesudah bermain akan mengembalikan mainan ke kotaknya dan sebagainya.

2. Jalin Komunikasi dengan Pasangan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: