Tujuh Perioritas dan Sasaran Pembangunan Provinsi Lampung Tahun 2025

Tujuh Perioritas dan Sasaran Pembangunan Provinsi Lampung Tahun 2025

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung gelar Forum Konsultasi Publik dalam rangka Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Provinsi Lampung tahun 2025 bertempat di Ballroom Hotel Emersia, pada Selasa 6 Februari 2024.---Sumber foto: diskominfo lampung.--

RADARLAMPUNG.CO.ID - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung saat ini tengah menyusul rencana awal rencana kerja pembangunan daerah (Ranwal RKPD) Lampung tahun 2025.

Di mana, pada Selasa 6 Februari 2024 Pemprov Lampung telah melakukan forum konsultasi publik RKPD 2025 dengan tema Sinergi Memperkuat Kapasitas dan Ketahanan Ekonomi Berkelanjutan serta Kualitas Pembangunan Manusia.

Kepala Bappeda Provinsi Lampung Elvira Umihanni mengatakan, penyusunan ranwal RKPD tahun 2025 sendiri berdasarkan rencana pembangunan daerah (RPD) periode 2025-2026 yang merupakan dokumen transisi sebelum ditetapkan RPJMD 2025-2029. 

"Penyesuaian ini untuk mensinkronkan kebijakan antara target dan prioritas nasional dengan provinsi di tahun 2025," ujarnya.

BACA JUGA:Masuk Daftar HP 1 Jutaan, Intip Spesifikasi Infinix Smart 8 yang Hadir Dengan Performa Mediatek Helio G36

Kata Elvira Umihanni, saat ini ada sekitar tujuh isu strategis, mulai dari daya saing dan nilai tambah sektor unggulan belum optimal; angka kemiskinan Lampung masih lebih tinggi dibandingkan nasional.

Kualitas hidup masyarakat terutama pendidikan dan kesehatan masih perlu ditingkatkan; aksebilitas dan konektivitas antara wilayah terbatas/belum optimal terutama wilayah barat Lampung; penguatan reformasi birokrasi dan pelayanan publik.

Pemantapan kehidupan masyarakat Lampung yang aman, berbudaya, dan demokrasi; serta pembangunan berkelanjutan.

Berdasarkan dokumen RPD 2025-2026, disampaikan Elvira Umihanni ada beberapa arah kebijakan tahun 2025. Mulai dari peningkatan kapasitas perekonomian yang berdaya saing dan merata berbasis sektor unggulan didukung dengan infrastruktur yang merata dan berkualitas.

BACA JUGA:Pentingnya Menjaga Salat Witir Setiap Malam Menurut Syekh Ali Jaber

Peningkatan kualitas SDM yang kompeten, adaptif dan berbudaya untuk kemajuan dan kesejahteraan masyarakat. 

Peningkatan pengelolaan SDA dan lingkungan hidup dalam rangka mengoptimalkan data dukung dan data tampung. Perbaikan tata kelola pemerintahan yang adaptif dan kolaborasi.

"Tema pembangunan Lampung tahun 2025 adalah sinergi memperkuat kapasitas dan ketahanan ekonomi berkelanjutan serta kualitas pembangunan manusia," ucapnya.

Lanjut Elvira Umihanni, target yang sudah dimuat dalam RPD 2025-2026 diantaranya untuk pertumbuhan ekonomi pada 2025 ditargetkan 5,2 hingga 5,7 persen. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: