Amalan Penggugur Dosa Menurut Hadits

Amalan Penggugur Dosa Menurut Hadits

Salat menjadi amalan penting yang dapat menggugurkan dosa. ILUSTRASI/FREEPIK--

RADARLAMPUNG.CO.ID – Inilah kajian Islam tentang perkara yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari sebagai amalan yang dapat menjadi penggugur dosa.

Amalan penggugur dosa ini dapat diamalkan setiap selesai mendirikan salat sebagaimana dijelaskan dalam al Hadits.

Dalam kajian Islam yang diunggah melalui akun Instagram @yayasan.syekhalijaber, dalam salah satu postingannya tentang amalan penggugur dosa.

Amalan yang dapat menggugurkan dosa itu sendiri sebenarnya adalah dengan mendirikan ibadah salat. Asy Syaikh Ibnu Utsaimin rahimahullah sebagaimana di dalam Majmu’ Al Fatawa war Rosali ia berkata:

BACA JUGA:Pentingnya Menjaga Salat Witir Setiap Malam Menurut Syekh Ali Jaber

“Sholat itu dapat menghapuskan kesalahan-kesalahan dan menggugurkan dosa,”.

Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam bersabda dalam sebuah hadits riwayat Muslim, yang artinya:

“Barangsiapa yang sesudah salat lalu dia membaca tasbih 33 kali, tahmid 33 kali, takbir 33 kali. Itu 99 dan sebagai penyempurna yang keseratus dia membaca,’laa ilaaha illallah wahdahu laa syarika lah, lahul mulku walahul hamdu wa huwa’alaa kulli syai-in qodiir’ maka diampuni dosa-dosanya walaupun sebanyak buih di lautan,” (HR Muslim).

Dari Abu Hurairah radhiyallahu’anhu, Rasulullah shallallahu’alaihi wa sallam bersabda:

BACA JUGA:Beasiswa ke Jepang Tanpa Kewajiban Balik ke Indonesia, Cek Syarat dan Benefit MEXT Scholarship Embassy Track

“Sesungguhnya amal seorang hamba yang pertama kali akan dihisab pada hari kiamat adalah sholatnya. Apabila sholatnya baik, dia akan mendapatkan keberuntungan dan keselamatan. Apabila sholatnya rusak, dia akan menyesal dan merugi…” (HR Abu Daud).

Al Hakim mengatakan bahwa sanad hadits tersebut adalah shahih dan tidak dikeluarkan oleh Bukhari dan Muslim, namun penilaian shahih ini disepakati Adz Dzahabi.

Mendirikan salat tak hanya bisa menjadi amalan baik yang dapat menjadi penggugur dosa, namun juga bisa menjadi amalan pembuka pintu rezeki yang berkah.

Ketika ada seorang hamba mendirikan salat dengan baik selama hidupnya, maka seluruh amalannya pun akan baik.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: