Unhan Wisuda 573 Mahasiswa, Ini Perintah Menhan Prabowo Subianto

Unhan Wisuda 573 Mahasiswa, Ini Perintah Menhan Prabowo Subianto

Unhan Wisuda 573 Mahasiswa, Ini Perintah Menhan Prabowo Subianto--dok tim media prabowo subianto

RADARLAMPUNG.CO.ID-Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto menghadiri acara wisuda 573 mahasiswa program Sarjana (S1), Magister (S2), dan Doktor (S3) di Universitas Pertahanan (Unhan) di Sentul, Bogor, pada Senin, 12 Februari 2024.

Para wisudawan tersebut terdiri dari Doktor (17), Fakultas Strategi Pertahanan (273), Fakultas Manajemen Pertahanan (69), Fakultas Keamanan Nasional (82), Fakultas Sains dan Teknologi Pertahanan (57), serta S1 Fakultas Kedokteran Militer (75).

Dalam sambutannya, Prabowo menekankan pentingnya Indonesia untuk mengejar ketertinggalan dalam pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) di bidang Science, Engineering, Mathematics (STEM) hingga kedokteran.

BACA JUGA:Wali Kota Minta Bandar Lampung Harus Bersih Dari APK

Ia menyatakan bahwa masa depan ditentukan oleh revolusi STEM, dengan kedokteran sebagai bagian integral dari perubahan tersebut.

Indonesia diharapkan mampu mengejar ketertinggalannya, mengakui bahwa negara ini masih tertinggal dari negara maju lainnya.

Prabowo juga mencatat langkah maju Unhan dengan mendirikan empat fakultas baru dalam bidang STEM, termasuk fakultas kedokteran dan teknik pada program studi hidrologi yang tidak tersedia di sejumlah universitas di Indonesia.

BACA JUGA:Yuk Ketahui, Ini 5 Makanan yang Baik untuk Kesehatan Tulang

Prabowo memerintahkan Unhan untuk menambah program studi khusus dalam bidang hidrologi, mengingat air bersih adalah komoditas strategis dan langka. 

Ia menyoroti perkiraan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) tentang tiga krisis utama yang akan dihadapi dunia, yaitu pangan, energi, dan air, serta menekankan pentingnya Indonesia untuk menguasai sumber daya alamnya.

Prabowo berharap para lulusan Unhan mampu memberikan prestasi dan kontribusi besar bagi negara dan masyarakat, terutama setelah melewati seleksi intelegensi dan prestasi akademis yang ketat.

BACA JUGA:15 Referensi Beasiswa Luar Negeri yang Masih Buka Hingga Akhir Februari 2024, Cek Link Pendaftaran

Ia menekankan bahwa para mahasiswa harus dapat memberikan sumbangsih yang bermakna bagi negara.

Selain itu, Prabowo berharap Unhan dapat terus menambah program studi dan jumlah mahasiswa tanpa mengurangi kualitas seleksi dan standar akademis yang tinggi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: