Cuaca Ekstrem Masih Berpotensi Terjadi di Sebagian Besar Wilayah Lampung

Cuaca Ekstrem Masih Berpotensi Terjadi di Sebagian Besar Wilayah Lampung

Hujan lebat dan ekstrem berpotensi terjadi pada tiga hari kedepan di sebagaian besar Provinsi Lampung-Foto Melida Rohlita-

RADARLAMPUNG.CO.ID - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperingatkan cuaca ekstrem berupa hujan lebat disertai petir dan angin kencang masih berpotensi terjadi di sejumlah wilayah Indonesia, termasuk Lampung.

BMKG Provinsi Lampung pun telah mengeluarkan peringatan dini terhadap cuaca yang tidak bersahabat dalam tiga hari kedepan.

"Hujan dengan intensitas lebat yang dapat disertai petir dan angin kencang diprakirakan turun di hampir sebagian besar wilayah Provinsi Lampung," kata Kasi Data dan Informasi BMKG Lampung Rudy Haryanto, Minggu, 18 Februari 2024.

Hal itu dikarenakan suhu udara saat ini berkisar 22,0 °C–32,0 °C. Untuk wilayah Lampung bagian barat 16,0 °C–29,0 °C.

BACA JUGA:Sidak Pabrik Penggilingan Padi, Ini yang Ditemukan Kapolres Tubaba Lampung

Terkait kelembapan udara berada di angka 65–100 %. Dengan arah dan kecepatan Angin: Barat Daya –Utara dengan kecepatan 05–15 knots (9-28 Km/Jam).

"Diprakirakan hujan akan terjadi pada siang, malam, hingga dini hari," ujarnya.

Oleh karenanya, pihaknya terus mengimbau semua kegiatan dilakukan secara hati-hati ketika hujan dan angin kecang datang, untuk waspada dan menghindari hal yang tidak diingikan.

"Waspada potensi hujan lebat yang dapat disertai kilatan petir dan angin kencang di wilayah yang rawan bencana seperti banjir, longsor hingga pohon tumbang di antaranya Pesisir Barat, Lampung Barat, Tanggamus, Bandar Lampung, Pesawaran, Lampung Tengah, Metro, Lampung Selatan, Lampung Timur, Lampung Utara, Tulang Bawang, Mesuji, Tulang Bawang Barat, serta Way Kanan," pungkasnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: