731.991 Pekerja di Lampung Masuk Kepesertaan Program Jamsostek

731.991 Pekerja di Lampung Masuk Kepesertaan Program Jamsostek

Pemprov Lampung menggelar wawancara Kandidat Paritrana Award Tingkat Provinsi Lampung tahun 2023.---Sumber foto: Biro Adpim.---

RADARLAMPUNG.CO.ID - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung mendata ada 731.991 pekerja di Lampung masuk kepesertaan program jaminan sosial ketenagakerjaan (Jamsostek).

Jumlah tersebut mencapai 25,79 persen dari populasi pekerja di Lampung yang tercatat sebanyak 2,7 juta pekerja --berdasarkan data sampai 31 Desember 2023 lalu.

Asisten Bidang Administrasi Umum Senen Mustakim mengatakan, Pemprov Lampung menggelar wawancara Kandidat Paritrana Award Tingkat Provinsi Lampung tahun 2023.

Kegiatan tersebut dilakukan pada Rabu 21 Februari 2024 di Hotel Golden Tulip Springhill Lampung.

BACA JUGA:Warga Sawojajar Keluhkan PJU Mati Suri, Ini Kata Kadishub Lampura

Kata Senen Mustakim, tujuan dari Paritrana Award untuk meningkatkan kepatuhan dan kepedulian pemberi kerja/badan usaha terhadap peraturan Jamsostek dan pekerja rentan di sekitar. 

Hal ini diharapkan dapat memperluas kebermanfaatan Jamsostek untuk meningkatkan kesejahteraan dan mencegah kemiskinan baru.

"Sehingga melahirkan awareness untuk memenuhi hak jaminan sosial setiap warga negara yang merupakan amanah konstitusi," ujar Senen Mustakim.

"Hak jaminan sosial adalah hak yang wajib dipenuhi oleh negara melalui pemerintah, pemerintah daerah, pemerintah desa, dan stakeholders lain," sambungnya.

BACA JUGA:Hasil Pemilu 2024, Sementara Suara PDIP di Metro Lampung Masih Unggul, Sudah Masuk 80 Persen

Senen Mustakim meminta agar pelaksanaan program Jamsostek di Lampung dapat semakin optimal melalui perlindungan kepada seluruh pekerja.

Untuk diketahui, Paritrana Award adalah apresiasi pemerintah kepada pemerintah daerah, pemerintah desa, dan pelaku usaha yang telah mendukung implementasi program Jamsostek untuk mewujudkan Universal Coverage Jamsostek.

Di mana menurut Senen Mustakim, capaian data cakupan kepesertaan program Jamsostek Lampung sampai 31 Desember 2023 lalu sudah mencapai 26,79 persen atau sebesar 731.991 pekerja dari populasi pekerja Lampung 2,7 Juta pekerja.

"Artinya dengan capaian tersebut Provinsi Lampung masih bisa ditingkatkan agar lebih optimal," ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: