IDAI Ungkap Trend Penyakit Anak di Lampung Saat Ini, Bunda Wajib Tahu!

IDAI Ungkap Trend Penyakit Anak di Lampung Saat Ini, Bunda Wajib Tahu!

dr. Rachman Indra Jaya, SpA - Ketua Panitia Sinas IDAi 2024 (kiri); dr. Piprim Basarah Yanuarso, SpA(K) - Ketua PP IDAI (tengah); dr. Fedriyansyah, SpA, M.Kes - Ketua IDAI Lampung (kanan).---Foto: Prima Imansyah Permana/ Radarlampung.co.id.---

RADARLAMPUNG.CO.ID - Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) menggelar simposium nasional (Sinas IDAI) tahun 2024 di Provinsi Lampung.

Ketua Panitia Sinas IDAI 2024 dr. Rachman Indra Jaya, SpA mengatakan, Sinas IDAI merupakan kegiatan rutin IDAI yang biasa dilakukan satu sampai dua kali dalam satu tahun.

Kegiatan tersebut dilakukan secara luring dan daring yang diikuti oleh ratusan peserta hampir dari seluruh provinsi di Indonesia.

Tujuan dari Sinas IDAI ini kata dr. Rachman Indra Jaya, SpA adalah untuk meningkatkan kemampuan para dokter spesialis anak, merefresh kembali ilmu yang dimiliki, dan lainnya.

BACA JUGA:Bukannya Tobat, Residivis Narkoba Ini Kembali Dibekuk Satresnarkoba Polres Lampung Barat

Tema Sinas IDAI kali ini adalah From Bench to Bedside: Advancing Pediatric Non Communicable Disease Care.

Di mana menurut dr. Rachman Indra Jaya, SpA, saat ini sudah terjadi perubahan pola penyakit dan kematian kepada penyakit tidak menular atau PTM.

"Pada acara ini kita ajak anggota seluruh Indonesia untuk upgrade ilmu dan berbagi pengetahuan dari para pakar," tuturnya.

Senada, dr. Fedriyansyah, SpA, M.Kes selaku Ketua IDAI Lampung mengatakan, acara Sinas IDAI 2024 ini kali kedua dilakasanakan di Lampung setelah sebelumnya tahun 2010 lalu.

BACA JUGA:Dibuka Malam Ini, Program Kartu Prakerja 2024 Siapkan Kuota 1,14 Juta

Pada Sinas IDAI ini para dokter spesialis anak dapat menambah wawasan khusus untuk daerah yang tidak memiliki pendidikan spesialis anak.

"Dengan dilaksanakan di Lampung, teman-teman bisa menambah ilmu dan tidak perlu jauh-jauh. Juga manfaat untuk daerah sekitar seperti Sumatera Selatan, Bengkulu, Banten, Jawa Barat, dan lainnya bisa lebih dekat untuk menambah wawasan," ungkapnya.

dr. Fedriyansyah, SpA, M.Kes mengungkapkan, terkait situasi kesehatan anak di Lampung saat ini banyak penyakit yang disebabkan oleh infeksi.

Seperti kasus DBD, infeksi saluran pencernaan, dan lainnya dalam satu dua pekan ini tengah mengalami peningkatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: