Diresmikan, RSH Metro Satu-satunya Rumah Sakit Hewan di Lampung

Diresmikan, RSH Metro Satu-satunya Rumah Sakit Hewan di Lampung

Rumah Sakit Hewan (RSH) Kota Metro akhirnya diresmikan, Selasa, 27 Februari 2024. Foto Dok--

METRO, RADARLAMPUNG.CO.ID - Rumah Sakit Hewan (RSH) Kota METRO akhirnya diresmikan, Selasa, 27 Februari 2024.

Gubernur Lampung Arinal Djunaidi yang juga hadir dalam peresmian tersebut mengaku senang terhadap inovasi dari pemerintah Kota Metro yang peduli terhadap kesehatan hewan dengan mendirikan RSH satu-satunya di Lampung.

"Saya senang ya. Karena memang hewan perlu diperhatikan kesehatannya. Sekarang ini baru dimulai di Metro, pertama di Lampung yang diinisiasi olehWali Kota," ujarnya.

BACA JUGA:Hoax, Video Viral Nenek Kelaparan di Tanggamus, Disebut Hanya Makan Rebusan Daun Singkong, Ternyata..

Ia berharap, dengan hadirnya RSH di Kota Metro ini, tak hanya dapat menangani hewan peliharaan masyarakat seperti anjing dan kucing, tetapi juga mampu untuk menangani hewan ternak masyarakat di kabupaten sekitar Bumi Sai Wawai.

"Tentu saya harapkan tidak hanya seperti kucing, kelinci atau yang lainnya. Tapi rumah sakit hewan ini juga bisa keluar untuk melihat, misalkan ada sapi yang tidak sehat atau kambing yang tidak sehat di wilayah Lampung Timur dan Kabupaten Lampung Tengah. Itu akan kita fasilitasi," ungkapnya.

Arinal juga mengharapkan, Kota Metro ini dapat menjadi pilot project sejumlah kegiatan pembangunan yang dapat dicontoh oleh daerah lainnya di Lampung ini.

BACA JUGA:Pergantian Warek II Unila Atas Pertimbangan Penyegaran Pimpinan

Selain itu, pihaknya juga tengah menggali potensi di Kota Metro untuk dapat dijadikan lumbung bawang, dan peningkatan potensi pariwisata dengan pemanfaatan kawasan Dam Raman

"Kita ingin ke depannya ini nanti Kota Metro akan sangat strategis dari beberapa kabupaten, Lampung Timur, Lampung Tengah, serta Pesawaran. Kita ingin hilirnya ada disini. Jadi akan ada beberapa program yang akan kita kembangkan di sini," tandasnya.

Sementara itu, Wali Kota Metro, Wahdi menyampaikan, perubahan status dari puskeswan menjadi RSH ini adalah salah satu langkah yang strategis.

BACA JUGA:Mau Tulang Tetap Kuat di Usia 50 ? Ini 4 Susu Osteoporosis Tinggi Kalsium, Nikmat, Harga Murah

Namun di sisi lain, RSH masih membutuhkan sumber daya manusia, dan juga sarana prasarana yang lebih lengkap lagi untuk menunjang operasional RSH, dan kesehatan hewan.

"Jadi kami masih banyak membutuhkan sumber daya manusia, serta sarana prasarana, utamanya ya kita bisa lihat gedung kita juga, masih sederhana. Yang kedua saya kira alat-alatnya," pintanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: