Musim Penghujan, Lahan Petani Gagal Panen

Musim Penghujan, Lahan Petani Gagal Panen

Musim Penghujan, Lahan Petani Gagal Panen--

RADARLAMPUNG.CO.ID - Musim penghujan tahun 2024 diwilayah Kabupaten Lampung Utara (Lampura) mengalami banjir terutama di wilayah pertanian.

Salah satunya, yang terjadi di Desa Cempaka Timur, Kecamatan Sungkai Jaya, Kabupaten Lampura, setempat, Kamis 29 Februari 2024.

Dua hektar sawah yang berisikan tanaman padi, dan satu hektar tanaman jagung, terendam banjir akibat hujan lebat yang melanda wilayah Lampura.

Hal ini diungkapkan Kepala Dinas Pertanian, Kabupaten Lampura, Tommy Suciadi, ketika dikonfirmasi Radar Lampung, di ruang kerjanya.

BACA JUGA:Selamat! Besok Marindo Kurniawan Dilantik Jadi Pj Bupati Pringsewu

Ia mengatakan, hal itu terjadi karena sudah masuknya musim penghujan di tahun 2024.

"Terkait dengan usim penghujan, jadi memang beberapa minggu ini kita sudah masuk musim penghujan," ujarnya.

Ia juga menyebutkan, dua hektar sawah yang berisikan tanaman padi, dan satu hektar tanaman jagung, terendam banjir akibat hujan lebat.

"Laporan terakhir, kalau untuk komunitas padi dan jagung itu, ada tadi di Kecamatan Sungkai Jaya Desa Cempaka Timur, itu ada dua hektar tanaman padi yang sempat terendam banjir, sama jagung ada satu hektar di sana," ungkapnya. 

BACA JUGA:Jangan Anggap Remeh, 4 Bagian Tubuh yang Rentan Terkena Sakitnya Osteoporosis

Ia menjelaskan, wilayah tersebut memang rentan terhadap banjir, lantaran berdekatan dengan aliran sungai.

"Memang kalau untuk di Cempaka Timur ini, di dekat aliran Sungai, harapan Kita air cepat surut dan tidak merusak tanaman," katanya.

"Tapi nanti ada petuga,s nanti yang ngecek ke sana, apakah padi itu gagal, rusak atau seperti apa nanti ada petugas kita," sambungnya.

Ia menjelaskan, akan terjadi kegagalan panen, jika tanaman padi masih berumur muda. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: