Warning! Ini Daftar Perbaikan di Ruas Tol Bakter Jelang Bulan Ramadan

Warning! Ini Daftar Perbaikan di Ruas Tol Bakter Jelang Bulan Ramadan

Tim HKaaston saat dijumpai Radar Lampung, Rabu, 6 Maret 2024.-Foto Melida Rohlita-

RADARLAMPUNG.CO.ID-Guna memberikan Kenyamanan dan kemanan para calon Pemudik, PT Hakaaston (HKA) melakukan sejumlah perbaikan sejak jauh-jauh hari  sebelum bulan Ramadan 1445 Hijriah tiba, di Ruas Jalan Tol Bakauheni-Terbanggi Besar atau tol Bakter.

Hal itu diungkapkan Manager Area Tol Bakter Andri Pandiko. Dirinya menyatakan beberapa perbaikan yang memang rutin dilakukan, kini lebih intens lagi menjelang musim mudik tiba.

"Banyak hal yang akan dilakukan menjelang bulan Ramadan ini, perawatan jalan pemeriksaan fisik secara rutin, serta peningkatan jasa layanan operasional," katanya dijumpai radarlampung.co.id, Rabu, 6 Maret 2024 di Gerbang Tol Natar, Lampung Selatan.

Andri juga menjelaskan beberapa hal yang dilakukan diantaranya, pengerjaan rigid di sekitar KM 52, 57, 113, kemudian  pengecatan marka jalan di 50 titik. "Dan pengecoran di KM 136 dan 138," terangnya.

Kemudian untuk mencegah kecelakaan karena pengendara mengantuk pihaknya juga menambahkan Rumble Strip di KM 121 A, KM KM 12 B, KM 14 B, dan KM 15 B.

"Ini penambahan untuk antisipasi mengantuk di jalur rawan mengantuk karena kontur jalur jalannya naik turun, kita juga menambah speed reducer atau marka keselamatan yang berfungsi sebagai ilusi mata efek visual agar para pengguna jalan lebih berhati-hati dalam berkendara untuk menekan terjadinya kecelakaan di KM 105+800 B sampai KM 105+200 B, kemudian penambahan lampu flip flop, dan lainnya" ungkapnya.

Selain itu, sejumlah fasilitas seperti MCK serta Masjid yang ada di Rest Area KM 116  kini sudah bisa digunakan para pemudik ketika ingin beristirahat di lokasi tersebut.

"Ini semua untuk kenyamanan pemudik saat melintasi jalan Tol, dengan kebersihan toilet dan  masjid yang ada di rest area," ucapnya.

Selain itu, soal penggunaan lampu jalan tol yang berada antar kabupaten memang tidak sebanyak tol dalam kota.

"Sesuai dengan Standard International Road Design, disebutkan kalau lampu penerangan jalan tol hanya dipasang pada lokasi-lokasi tertentu, yakni daerah rawan keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) atau area black spot, menjelang gerbang tol, akses Rest Area, simpang susun, dan tol dalam kota," jelasnya.

Meski begitu, pihaknya tetap mengimbau masyarakat supaya bisa mengemudi nyaman, aman dan tenang selalu pastikan mobil dan kondisi tubuh saat berkendara dalam kondisi baik dan sehat, jika lelah jangan lupa untuk berhenti sejenak.(*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: