Gelombang Tinggi, BMKG Imbau Nelayan Berhati-hati saat Melaut

Gelombang Tinggi, BMKG Imbau Nelayan Berhati-hati saat Melaut

Waspada gelombang tinggi.-Foto Ilustrasi: Pixabay-

RADARLAMPUNG.CO.ID - Stasiun Badan Metereologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Maritim Lampung mengerluarkan peringatan dini terhadap tingginnya gelombang laut atau ombak yang mencapai 6 meter, di Perairan laut Lampung, Selasa, 12 Maret 2024.

Forecaster BMKG Maritim Lampung Neneng Kusrini mengatakan, jika dilihat dari kondisi Sinoptik, adanya sirkulasi siklonik di Samudera Hindia barat daya Jawa dan Utara Australia meningkatkan kecepatan angin dan tinggi gelombang di wilayah Perairan Lampung dan Selat Bangka.

"Angin di wilayah Perairan Lampung dan Selat Bangka pada umumnya bertiup dari arah Barat hingga Utara dengan kecepatan mencapai 35 knot," katanya.

Dengan begitu, tinggi gelombang dapat mencapai 1.25-2.50 meter berada di wilayah Teluk Lampung bagian Utara, Perairan Timur Lampung dan Selat Bangka.

BACA JUGA:Meski Cuti Bersama, Puskesmas Tetap Buka Lakukan Pelayanan untuk Warga Bandar Lampung

Tinggi Gelombang dapat mencapai 2.50-4.00 meter di Teluk Lampung bagian Selatan.

"Sedangkan tinggi gelombang dapat mencapai 4.00-6.00 meter ada di Perairan Barat Lampung, Selat Sunda bagian Barat, dan Samudera Hindia Barat Lampung," ungkapnya.

Kondisi tersebut sangat berbahaya untuk nelayan karena mampu membuat kapal karam. Pihaknya memìnta warga pesisir untuk selalu berhati-hati terdahap kemungkinan yang akan terjadi.

"BMKG juga sudah mengeluarkan peringatan dini gelombang tinggi setiap harinya, diharapkan untuk nelayan serta pengguna jasa keluatan agar terus mengikuti info dari BMKG dan tetap waspada," tandasnya.


Foto dok BMKG Maritim Lampung.--

BACA JUGA:Koleksi Terbatas Vespa 946 Dragon Hadir Dengan Desain Mewah Bernilai Rp 267 Juta

Peringatan dini tersebut berlaku mulai selasa 12 Maret 2024 hingga 13 Maret 2024 pukul 19.00 WIB. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: