Miris! Tugu Tani di Perbatasan Mesuji dan Tubaba Kondisinya Tak Terawat

Miris! Tugu Tani di Perbatasan Mesuji dan Tubaba Kondisinya Tak Terawat

Tugu Tani di Kabupaten Mesuji tampak kusam dan tidak terawat. Foto Ardian Mukti--

RADARLAMPUNG.CO.ID - Tugu Tani yang berdiri kokoh di wilayah Kecamatan Way Serdang Kabupaten Mesuji Lampung kondisinya memprihatinkan. 

Tugu ini berada di Tepi jalan Lintas Timur Sumatra. Yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Tulang Bawang Barat, itu terlihat kusam dan tak terawat.

Beberapa ornamen tulisan Kabupaten Mesuji, bahkan ada bagian yang hilang. yang ada di bagian utama tugu Tani tersebut.

Selama ini, lokasi tugu sering dijadikan tempat istirahat atau rest Area. Selain itu juga lokasi yang bagus untuk swafoto, selfie.

BACA JUGA:Pemkab Mesuji Gelar Safari Ramadan di 7 Masjid, Ini Jadwal lengkapnya

Keadaan Tugu Tani yang tampak kusam itu tidak pelak mengundang keprihatinan. 

Alasannya karena tugu tersebut tidak hanya sekadar dimaknai sebagai tanda batas wilayah, akan tapi juga menjadi ikon pintu masuk Kabupaten Mesuji.

Yang Melambangkan wilayah Kabupaten Mesuji yang subur dengan rakyat yang damai dan sejahtera.

"Sesuai dengan keseharian penduduk lokal yang menggantungkan hidup dari bercocok tanam.Kalau Dulu sangat bagus, nyaman buat istirahat. Sekarang kok kusam, tidak terawat dan catnya banyak yang terkelupas,” tutur Adi, warga OKI Sumatra Selatan yang sedang istirahat, Senin 12 Maret 2024.

BACA JUGA:Resep Es Cincau Gula Aren Minuman Favorit Saat Buka Puasa, Bahannya Mudah Didapat

Menurut Adi setiap dirinya pulang dari Bandar Lampung jika sampai Mesuji selalu istirahat di Tugu Tani ( Reast Aera) namun sekarang kusam dan Nampak tidak terawat bahkan pohon disekitarnya daunya sangat rindang yang menutupi Patung Tugu Tani tersebut.

Hal senada juga diungkapkan, Siti Warga Mesuji dirinya juga menyayangkan keadaan Tugu Tani yang tidak terawat.

Keadaan tersebut, disebabkan karena kurang pengawasan, sehingga ketika terjadi kerusakan tidak segera terpantau dan tidak diperbaiki.

“Menurutnya Tugu Tani ini tidak sekadar pintu gerbang masuk Mesuji tapi juga simbol dari Kabupaten Mesuji. Masa kondisinya kusam, tidak terawat. Sekarang tidak elok dilihat,” katanya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: