Utamakan Kualitas, UIN RIL Terima 2.927 Siswa Jalur SPAN PTKIN

Utamakan Kualitas, UIN RIL Terima 2.927 Siswa Jalur SPAN PTKIN

Foto ist--

RADARLAMPUNG.CO.ID - Wakil Rektor 1 Bidang Akademik Universitas Negeri Islam (UIN) Raden Intan Lampung Prof. Alamsyah mengungkapkan bahwa pihaknya mementingkan kualitas calon mahasiswa yang lolos pada jalur SPAN PTKIN.

Di mana jalur SPAN PTKIN sendiri telah diumumkan pada Rabu, 3 April 2023 Pukul 15:00 WIB pada website resmi yaitu https://span.ptkin.ac.id.

Prof. Alamsyah dalam wawancaranya mengatakan bahwa UIN RIL masih masuk kedalam 10 besar dengan peminat terbanyak se-Indonesia dengan menerima 2.927 siswa menjadi calon mahasiswa.

"Yang kita luluskan itu 2.927 orang dari 4.934 pendaftar. Jadi ada 2 ribu yang terpaksa kita tidak luluskan, dengan kuota 3 ribu tapi tidak terpenuhi karena kita menjaga selektifitas dan kualitas untuk 30 prodi di ]dalamnya," kata Prof Alamsyah.

BACA JUGA:Way Tenumbang Meluap, Sejumlah Pemukiman Penduduk di Pekon Sukarame Dilanda Banjir

Menurutnya dari 30 prodi tersebut ada tiga prodi baru yang ikut di dalamnya, yaitu Sistem Informasi, Biologi dan Sains Data.

"Pada SNBP kemarin juga kita ikutkan dengan kuota 120 lulus 98, itu lagi tidak bisa diluluskan semua karena ketat," ujarnya.

Kata Prof. Alamsyah, secara nasional jumlah peminat mengalami penurunan dibandingkan dengan tahun 2023 yang mencapai 7 ribu lebih peminat dalam SPAN PTKIN.

"Ini secara nasional menurun faktornya karena waktu sosialisasi kita tidak lama dan terbatas. Kedua mungkin banyak perguruan baru atau di PTIS dengan Prodi baru juga. Misalnya PAI, swasta negeri pada buka semua," ungkapnya.

BACA JUGA:Tilep Dana Desa Rp 600 Juta, Oknum Kades di Lampung Timur Diringkus Polisi

"Tetapi meski ada penurunan kita tetap mementingkan kualitas," sambungnya.

Dari 30 prodi yang ada, terdapat lima prodi yang menjadi favorit atau banyak diminati dalam SPAN PTKIN 2024 ini.

"Sekarang ini Prodi-Prodi ekonomi yang banyak diminati, seperti managemen perbankan syariah, managemen bisnis syariah, akuntansi syariah, dan Pendidikan Guru Madrasah, dan Hukum Tata Negara. Rationya kompetitip sekali. Kalau prodi lain stabil saja," tandasnya.

Untuk yang tidak lolos SPAN PTKIN, jangan berkecil hati lantaran tidak lama lagi akan dibuka jalur penerimana UM PTKIn pada tanggal 17 April-15 Juni 2024.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: