Cerita Dinda, Mahasiswa Teknokrat Yang Tengah Magang Bersertifikat di Apindo

Cerita Dinda, Mahasiswa Teknokrat Yang Tengah Magang Bersertifikat di Apindo

Foto dok Universitas Teknokrat Indonesia--

RADARLAMPUNG.CO.ID - Mahasiswi Universitas Teknokrat Indonesia, Dinda Indah Jelita kini sedang menjalani masa magang bersertifikat di Apindo.

Dinda dan beberapa temannya mendapatkan tugas di sebuah usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang berbasis produk keripik dengan nama usaha dikenal dengan Si Bintang Buah.

Ada beragam varian produk yang dibuat di sini. Ada keripik muli, keripik muli roll, keripik nangka, dan keripik banany (keripik pisang rasa).

Dinda yang baru menyelesaikan program pertukaran mahasiswa merdeka (PMM) di Universitas Fajar, Makassar, ini bercerita beberapa hal.

BACA JUGA:Sarasehan Pancasila di Yogyakarta, Tekankan Makna Kemerdekaan Indonesia

Dinda bilang, di Apindo sudah ada standar tersendiri. 

Para mahasiswa yang ada kemudian dibagi ke dalam beberapa kelompok kemudian ditempatkan. Di sana Dinda menjadi bagian dari lima mahasiswa yang UMKM tersebut.

Dinda mendapat tugas untuk bagian pengembangan inovasi produk dan permodalan.

Ia fokus ke tata cara untuk mengembangkan usaha sekaligus pembuatan surat-menyurat, proposal terkait dengan pendanaan usaha ini.

BACA JUGA:Pentingnya Buku Teks Utama Pendidikan Pancasila sebagai Sarana Dalam Sosialisasi PIP ke Masyarakat

“Kadang kami juga sesekali ke bagian produksi biar makin paham tentang usaha produk,” katanya.

Dirinya mengakui dampak para mahasiswa yang membantu usaha ini memang belum begitu terlihat. Apalagi mereka juga baru bergabung.

Namun, kata Dinda, sejauh ini ia sudah membantu dalam pembuatan laporan keuangan, konten, perbaikan desain kemasan dan banner, company profile, standar operasional prosedur (SOP) karyawan, bagian produksi, dan lainnya.

“Aku juga bantu penjualan daring lewat live & TikTok di akun Si Bintang Buah @si_bintang_buah,” ujar Dinda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: