BMKG Imbau Pemudik Waspada Potensi Cuaca Ekstrem Sepekan ke Depan, Cek Daftar Wilayah Terdampak

BMKG Imbau Pemudik Waspada Potensi Cuaca Ekstrem Sepekan ke Depan, Cek Daftar Wilayah Terdampak

Potensi cuaca ekstrem sepekan ke depan. ILUSTRASI/PIXABAY--

RADARLAMPUNG.CO.ID – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengimbau masyarakat, khususnya pemudik untuk tetap waspada terhadap potensi cuaca ekstrem selama sepekan ke depan.

Sejumlah wilayah diperkirakan mengalami kondisi cuaca yang ekstrem selama sepekan ke depan.

Dalam update peringatan dini cuaca, kondisi sepekan ke depan diprediksi bakal diwarnai dengan adanya peningkatan curah hujan.

Untuk intensitas curah hujannya pun bervariasi, ada yang terdampak hujan sedang hingga lebat yang disertai kilat, petir atau angin kencang.

BACA JUGA: Info Cuaca Hari Ini, BMKG Imbau Pemudik Waspada Gelombang Tinggi

Hal ini dijelaskan oleh Deputi Bidang Meteorologi BMKG, Guswanto yang mengatakan bahwa kondisi ini dipicu aktifitas beberapa fenomena dinamika atmosfer.

Fenomena tersebut mencakup aktivitas gelombang atmosfer Rossby Ekuatorial, gelombang atmosfer Kelvin, dan labilitas atmosfer skala lokal.

Sehingga kombinasi ini memiliki pengaruh yang diperkirakan dapat menimbulkan potensi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat, disertai kilat/petir dan angin kencang.

Adapun dampak yang harus diwaspadai adalah banjir, tanah longsor, banjir bandang, genangan, angin kencang, pohon tumbang dan jalan licin.

BACA JUGA: 5 Tempat Wisata Baru di Lampung, Cocok Jadi Rekomendasi Liburan Bareng Keluarga

Kondisi ini diperkirakan berlangsung di sebagian wilayah Indonesia mulai 16 sampai 21 April 2024 mendatang.

Selanjutnya untuk daftar wilayah terdampak cuaca ekstrem selama sepekan ke depan yakni:

- Sebagian besar Sumatera termasuk Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Kepulauan Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, Kepulauan Bangka Belitung dan Lampung. Utamanya bagian pesisir barat.

- Jawa Tengah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: