Pemprov Lampung Janji Perbaiki Ruas Jalan Bumiharjo-Pakuan Ratu Yang Belum Mantap

Pemprov Lampung Janji Perbaiki Ruas Jalan Bumiharjo-Pakuan Ratu Yang Belum Mantap

Suasana perbaikan sementara uas jalan Bumiharjo-Pakuan Ratu titik Kampung Karang Agung dan Mesir Ilir dengan batu base.---Foto: Prima Imansyah Permana/ Radarlampung.co.id.---

RADARLAMPUNG.CO.ID - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung berjanji akan memperbaiki ruas jalan Bumiharjo-Pakuan Ratu di Way Kanan pada beberapa titik yang kondisinya belum mantap.

Kepala Dinas Bina Marga dan Bina Konstruksi (BMBK) Lampung M. Taufiqullah mengatakan, panjang ruas jalan Bumiharjo-Pakuan Ratu ada 25,5 km.

Dari hasil survei Dinas BMBK Lampung pada Desember 2023 lalu, kemantapan ruas jalan Bumiharjo-Pakuan Ratu 58 persen dan sisanya belum mantap atau rusak.

Salah satu titik yang rusak, kata M. Taufiqullah, berada di jalan yang menghubungkan Kampung Karang Agung, Kecamatan Pakuan Ratu dan Mesir Ilir, Kecamatan Bahuga.

BACA JUGA:Rekomendasi 8 Beasiswa Khusus Calon Mahasiswa Baru yang Lulus SNBP 2024, Cek Deadline dan Link Pendaftaran

"Ada beberapa titik sepanjang ruas ini berdekatan sungai Way Umpu. Kalau ini (sungai, red) meluap, air naik sampai ke jalan. Ini menyebabkan tanah di jalan raya ini rusak," ujar M. Taufiqullah, Kamis 18 April 2024.

Kedepan, disampaikan M. Taufiqullah, pihaknya akan me-rigid ruas tersebut yang belum mantap agar tahan dengan genangan air saat terjadi banjir.

Tetapi, untuk penanganan sementara beberapa titik yang rusak seperti penghubung Kampung Pakuan Ratu dan Mesir Ilir ini dilakukan pemasangan batu base.

"Penanganan sementara agar masyarakat tetap beraktivitas lancar dan tidak mengganggu ekonomi, kita pasang batu base," ucapnya.

BACA JUGA:Dikawal Perangkat Adat Hingga Tokoh Agama, Mad Hasnurin Resmi Mengambil Formulir Pencalonan Cawabup di PDIP

"Kita angkat tanah lunak, kita buatkan drainasenya. Sehingga saat hujan tidak ke jalan lagi airnya. Terus dikasih base agar masyarakat bisa melaluinya," sambungnya.

Lanjut M. Taufiqullah, ruas jalan Bumiharjo-Pakuan Ratu yang dilakukan penanganan sementara menggunakan batu base ini sepanjang 3 km agar dapat dilalui saat hujan.

Disinggung terkait kapan akan dianggarkan untuk rigid, M. Taufiqullah mengaku kemungkinan akan dilakukan pada anggaran tahun 2025 mendatang.

"Rencana rigid tunggu anggaran. Kalau di perubahan ini waktu kurang untuk rigid. Tahun depan mungkin penanganannya. Karena perlu waktu yang panjang kalau rigid," ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: