DPRD Metro Berharap Bantuan kepada Petani Gagal Tanam

DPRD Metro Berharap Bantuan kepada Petani Gagal Tanam

Warga Sawah yang diperkirakan gagal tanam karena serangan hama. Foto Dokumentasi --

METRO, RADARLAMPUNG.CO.ID - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota METRO berharap Pemerintah Kota (Pemkot) METRO dapat memberikan bantuan kepada petani yang mengalami gagal tanam.

Hal tersebut menyusul adanya kegagalan tanam padi di sejumlah kawasan persawahan di Bumi Sai Wawai.

Wakil Ketua I DPRD Kota Metro, Basuki mengatakan, pihaknya mendorong Pemkot untuk dapat membantu petani, supaya bisa penanaman ulang, serta pendampingan agar yang ditanam dapat panen.

"Kami berharap pemerintah bisa turun tangan. Jadi harus betul-betul bisa menyampaikan kepada para petani dan memberikan bantuan berkaitan dengan gagal tanam ini. Jadi para petani di Metro ini bisa melakukan penanaman kembali," ujarnya.

BACA JUGA:Kasus KUR Rp 1,2 Miliar, Kejari Bandar Lampung Tahan Mantan Petugas Mantri Bank BUMN

Dikatakannya, dirinya telah mendapatkan laporan dari masyarakat terkait kegagalan tanam tersebut.

 Dari hasil pertemuan dirinya dengan sejumlah petani yang mengalami kondisi tersebut, Basuki mengatakan sejumlah petani di Metro melakukan penanaman padi pada musim tanam gadu. Penanaman dilakukan sebab cukupnya ketersediaan air untuk menanam.

"Jadi sebenarnya kan bulan ini itu tanam gadu, karena banyak hujan dan juga dibukanya air. Karena itulah petani ini berani untuk menanam padi," katanya.

Ia melanjutkan, setelah sekitar sebulan melakukan penanaman, padi tersebut mati dan petani mengalami kerugian. 

BACA JUGA:Ririn Ambil Formulir di PAN dan PDIP Pringsewu

"Jadi bulan ini mereka menanam padi. Nah setelah ditanam tahu tahu ambles. Amblesnya kenapa, kurang paham juga. Karena itu, kami berharap perhatian dari pemerintah kota metro. Atau melalui PPL-nya, nah bagaimana hal ini bisa diatasi, bantuan, solusi, binaan dan lainnya," jelasnya.

Ia juga meminta masyarakat untuk berdabar, sebab DPRD berkomitmen untuk mendorong Pemkot dapat segera memberikan bantuan. 

"Kami sampaikan kepada petani untuk bersabar, kami juga terus mendorong Pemkot dengan berkomunikasi ke dinas pertanian untuk bisa membantu petani yang mengalami gagal tanam ini,"pungkasnya.

Sebagai informasi, sekitar 90 hektare lahan persawahan di Bumi Sai Wawai yang telah ditanami padi terancam gagal tanam. Kondisi tersebut merata di Kota Metro, di mana yang terluas mengalami gagal tanam ada di Metro Selatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: