Siap Laksanakan UTBK-SNBT, Itera Akan Terapkan Pengawasan Ketat

Siap Laksanakan UTBK-SNBT, Itera Akan Terapkan Pengawasan Ketat

Pengecekan komputer sebelum UTBK SNBT di Itera, Senin 29 April 2024.-Foto ist-

RADARLAMPUNG.CO.ID - Institut Teknologi Sumatera (Itera) siap menjadi lokasi pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) tahun 2024, yang mulai dilaksanakan, besok, Selasa, 30 April 2024.

Pelaksanaan UTBK di Itera akan diikuti 2.089 peserta, yang terbagi dalam tiga sesi ujian.

Pelaksanaan UTBK dipusatkan di Gedung Laboratorium Teknik 1, 3, dan 5 (Labtek OZT), pada Selasa, 30 April 2024 dan Kamis, 2 Mei 2024.

Sebanyak 766 komputer telah disiapkan sebagai infrastruktur penunjang UTBK, termasuk 69 komputer cadangan.

BACA JUGA:Usai Dilanda Banjir, Siswa-Siswi SMPN 2 BNS Laksanakan Ujian Sekolah

Ketua Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Itera Dr. Abdul Rajak, M.Si., menyampaikan, Itera siap menyelenggarakan UTBK, karena segala infrastruktur komputer, jaringan internet, dan listrik telah rampung disiapkan.

Termasuk tenaga pengawas, dan infrastruktur pendukung kesehatan seperti ambulans dan petugas medis. 

"Pelaksanaan UTBK di Itera juga akan dilakukan dengan pengawasan ketat. Sebanyak 132 petugas pengawas akan memastikan pelaksanaan ujian berjalan lancar," katanya, Senin, 29 April 2024.

Abdul Rajak menambahkan, para pengawas juga telah mendapatkan pembekalan, beberapa waktu lalu.

BACA JUGA:BRI Serahkan Hadiah Mobil dan Logam Mulia kepada Pemenang Program Super AgenBRILink

Dalam pembekalan tersebut, Abdul Rajak menekankan agar setiap pengawas, dapat mengecek identitas peserta secara detail, termasuk mengenali wajah peserta dengan foto di identitas.

"Selain itu, pengecekan berlapis juga akan diterapkan, baik secara manual oleh petugas, ataupun menggunakan alat metal detektor, untuk memastikan peserta tidak membawa benda-benda yang dilarang selama pelaksanaan ujian," ungkapnya.

Sementara, Kepala Unit Penunjang Akademik Teknologi Informasi dan Komunikasi (UPA TIK) Itera Andre Febrianto, S.Kom., M.Eng., menyampaikan, persiapan infrastruktur juga telah rampung disiapkan.

"Mulai dari menginstall aplikasi ujian, menyiapkan server, hingga memastikan komputer yang digunakan untuk ujian dapat berkomunikasi dengan server dengan cara melakukan cek ping ke server kemudian melakukan uji coba aplikasi ujian," jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: