KPSP Setia Kawan Meraih Miliaran Rupiah dari Hasil Memerah Susu Sapi

KPSP Setia Kawan Meraih Miliaran Rupiah dari Hasil Memerah Susu Sapi

Janji untung berbisnis sapi perah memang tak pernah ingkar, buktinya Koperasi Peternakan Sapi Perah (KPSP) Setia Kawan di Pasuruan, Jawa Timur, mampu menghasilkan pendapatan rata-rata Rp1 miliar per hari dari bisnis susu sapi.--

RADARLAMPUNG.CO.ID - Janji untung berbisnis sapi perah memang tak pernah ingkar, buktinya Koperasi Peternakan Sapi Perah (KPSP) Setia Kawan di Pasuruan, Jawa Timur, mampu menghasilkan pendapatan rata-rata Rp1 miliar per hari dari bisnis susu sapi.

Koperasi yang terletak di Kecamatan Tutur, Pasuruan ini, sudah lama menjadi tumpuan ekonomi bagi masyarakat di sekitar wilayah itu.

“Dari susu sapi yang dihasilkan para anggota (peternak sapi) KPSP Setia Kawan bisa memberikan kontribusi yang signifikan bagi perekonomian masyarakat di sekitar koperasi kami,” kata Manager KPSP Setia Kawan, Farhan.

Oleh karena itu, menurut Farhan, masyarakat khususnya anggota koperasi menaruh harapan besar kepada KPSP Setia Kawan agar ke depan bisa mengembangkan usaha semakin besar khususnya di Kecamatan Tutur.

BACA JUGA:Pendaftaran CPNS 2024 Kembali Diundur, Cek Jadwal Pembukaan Terbarunya

Farhan mengatakan, KPSP Setia Kawan dirintis sejak zaman penjajahan Belanda pada 1911. Lalu pada tahun 1974 barulah KPSP Setia kawan eksis berdiri dan bergerak di bidang sapi perah.

Untuk saat ini jumlah anggota yang tercatat sebanyak 11 ribu anggota dengan total aktif yang menyalurkan susu sebanyak 7 ribu peternak.

“Kami mengembangkan tiga usaha besar, yang pertama ada unit susu meliputi peternakan sapi perah, simpan pinjam dan perdagangan jasa dalam bentuk minimarket. Kami berharap ke depan para anggota lebih aktif lagi menyetorkan hasil perahan susu sapi, yang saat ini baru berjumlah 7 ribu peternak,” kata Farhan.

Dalam perjalanan bisnisnya, selain membuat produk olahan dari susu sapi, KPSP Setia Kawan telah berhasil menyalurkan hasil susu sapi perahan ke industri besar seperti PT Indolakto, Cimory Indonesia, Frisian Flag, Diamond Fair, hingga Sari Husada.

BACA JUGA:Bukan Hanya Anak Kecil, Ini 4 Gejala Flu Singapura yang Menyerang Orang Dewasa

Sedangkan untuk mengakses pasar luar negeri dan meningkatkan kapasitas usaha koperasi, KPSP Setia Kawan juga bermitra dengan salah satu koperasi terbesar di Denmark Arla Foods, perusahaan pakan ternak di Belanda, dan salah satu perusahaan bibit sapi di New Zealand.

Kesuksesan KPSP Setia Kawan, tidak sebatas para peternak dengan gigih dan rajin melakukan pemerahan sapi setiap harinya.

Sentuhan teknologi dan juga inovasi yang dilakukan turut mendongkrak proses bisnis dari KPSP Setia Kawan sendiri.

Menurut Farhan dengan mengadopsi teknologi akan sangat membantu memudahkan operasional KPSP Setia Kawan dalam mengelola hasil perahan sapi dari peternak, hal ini tidak lain untuk menjaga mutu dan kualitas dari perahan sapi yang dihasilkan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: