Iklan Bos Aca Header Detail

UIN RIL Berikan Pembekalan KKN bagi DPL dan Mahasiswa

UIN RIL Berikan Pembekalan KKN bagi DPL dan Mahasiswa

Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung (RIL) menggelar pembekalan Kuliah Kerja Nyata (KKN) bagi Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) dan mahasiswa peserta KKN tahun 2024. Pembekalan berlangsung di Ballroom UIN RIL, Rabu 5 Juni 2024.--

RADARLAMPUNG.CO.ID – Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung (RIL) menggelar pembekalan Kuliah Kerja Nyata (KKN) bagi Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) dan mahasiswa peserta KKN tahun 2024. Pembekalan berlangsung di Ballroom UIN RIL, Rabu 5 Juni 2024.

Rektor UIN Raden Intan Lampung, Prof H Wan Jamaluddin Z MAg PhD dalam sambutannya mengatakan, KKN merupakan salah satu bentuk pengabdian masyarakat.

KKN tersebut, wajib dilakukan sebagai misi dalam mendorong visi terwujudnya UIN Raden Intan Lampung sebagai rujukan Internasional dalam pengembangan ilmu keislaman integratif-multidisipliner berwawasan lingkungan tahun 2035.

"KKN ini merupakan wujud nyata dan salah satu bentuk serta tanggung jawab dari Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat," ujar Rektor.

BACA JUGA:Sertijab Kasatreskrim dan Kasatresnarkoba Hasil Mutasi Polri, Kapolres Tulang Bawang Sampaikan Pesan Ini

Rektor berharap KKN tahun 2024 dapat memberikan manfaat bagi masyarakat, lingkungan, daerah, dan negara. Ia juga berpesan kepada para DPL agar dapat membimbing dan mengarahkan mahasiswa dengan baik.

"Saya berpesan agar dapat membimbing dan mengarahkan para mahasiswa agar dapat berkontribusi, berpikir kritis, berkolaborasi, berkreatifitas, dan berinovasi di tengah-tengah masyarakat. Jadilah perekat dalam membangun persatuan. Jadilah pelita dalam kegelapan. Dan seperti yang dikatakan oleh nabi, jadilah orang yang bermanfaat untuk orang lain," ujar Rektor.

Rektor juga berpesan kepada para mahasiswa agar menjaga sikap dan tutur kata selama melaksanakan KKN.

"Kepada para mahasiswa, saya berpesan agar belajar dan bekerja dengan serius, jalankan tugas dengan sebaik-baiknya, membangun kemitraan yang baik, dan selalu berkoordinasi untuk sukses dan lancarnya suatu program, serta yang terpenting ialah menjaga sikap dan menjaga nama baik almamater," ujar Rektor.

BACA JUGA:BRI Dinobatkan Sebagai Tempat Kerja Terbaik oleh HR Asia

Pembekalan KKN ini mengundang beberapa narasumber, yaitu Ir Fahrizal Darminto MA, Sekretaris Daerah Provinsi Lampung, dengan materi “Membangun Desa, Membangun Indonesia”; Chalid Muhammad, Ketua Institut Hijau / Penasihat Senior Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK), dengan materi “Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Lingkungan Berkelanjutan”.

Kemudian, Teguh Hadi Sulistiono SIP MSi, Direktur Pengembangan Sosial Budaya dan Lingkungan Desa dan Perdesaan Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi RI, dengan materi “Penguatan Pilar Sosial Budaya dan Lingkungan di Desa”; dan Dr. M. Rikza Chamami, M.S.I, Dosen UIN Walisongo Semarang, dengan materi “Praktik-Praktik Keagamaan dan Moderasi pada Masyarakat Pedesaan”.

Sementara Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) Prof Dr H A Kumedi Ja’far SAg MH menyampaikan, KKN Reguler tahun ini akan dilaksanakan di empat Kabupaten.

Keempatnya, yakni Kabupaten Lampung Selatan, yang terbagi ke dalam 10 Kecamatan, 81 Desa. Kemudian Kabupaten Pesawaran yang tersebar di 8 Kecamatan, 92 Desa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: