Iklan Bos Aca Header Detail

Hasil pengecekan Tim, 14 Ribu Hewan Kurban Dinyatakan Sehat

Hasil pengecekan Tim, 14 Ribu Hewan Kurban Dinyatakan Sehat

Hewan kurban di Metro dinyatakan sehat-Dokumentasi pribadi-

METRO, RADARLAMPUNG.CO.ID - Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Peternakan (DKP3) Kota Metro mencatat sebanyak 14 ribu hewan kurban di Bumi Sai Wawai dinyatakan sehat dan bebas dari penyakit.

Kabid Peternakan, DKP3 Kota Metro, Lina Oktira mengatakan, DKP3 Kota Metro telah menurunkan tim untuk mengecek kelayakan hewan kurban di Bumi Sai Wawai.

Dari hasil monitoring yang dilakukan tim kelayakan hewan kurban, tercatat ada sekitar 14 ribu hewan kurban yang dinyatakan sehat. Hewan kurban tersebut terdiri dari 11 ribu kambing, dan 3 ribu sapi yang dinyatakan sehat.

"Jadi, selain mengecek hewan kurban, tim kelayakan hewan kurban ini pun berwenang untuk mengeluarkan rekomendasi hewan ini layak atau tidak layak," ungkapnya.

BACA JUGA:Tak Kapok, Simpan 5 Paket Sabu Siap Edar, Residivis Narkoba di Bandar Lampung Kembali Tertangkap

Meskipun, lanjutnya, sejumlah penyakit hewan ternak sempat menjadi kekhawatiran para peternak karena dapat menimbulkan kerugian.

"Memang sempat masuk penyakit, seperti PMK, LSD dan penyakit lainnya. Belum semua bebas, tapi untuk di Kota Metro, Alhamdulillah sampai saat ini tidak ditemukan penyakit itu," katanya.

Ia menyampaikan, Pemkot Metro juga telah menyiapkan sejumlah petugas dari Puskeswan untuk memantau kondisi kesehatan hewan kurban secara berkala.

"Jadi nanti petugas ini selain mengecek kondisi hewan, juga akan menyuntikkan vitamin dan obat cacing," ungkapnya.

BACA JUGA:Teman Makan Teman di Tulang Bawang, Demi Motor Bambang Bacok Solihin

Pihaknya pun mengimbau masyarakat untuk lebih selektif lagi dalam memilih, dan tidak membeli hewan kurban yang belum memiliki surat keterangan sehat.

"Kita juga tetap memperketat lalu lintas hewan ternak. Hal itu untuk memastikan kesehatan hewan kurban yang masuk ke Kota Metro," pungkasnya. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: