Iklan Bos Aca Header Detail

Selama 3 Hari, Unila Adakan In House Training Kecerdasan Buatan Bidang Kesehatan

Selama 3 Hari, Unila Adakan In House Training Kecerdasan Buatan Bidang Kesehatan

Wakil Rektor Bidang Akademik Unila, Dr.Eng.Suripto Dwi Yuwono saat memberikan sambutan dalam pembukaan In House Training Kecerdasan Buatan Bidang kesehatan. Foto Universitas Lampung--

RADAR LAMPUNG.CO.ID -  Tim Higher Education For Technology and Innovation (HETI) Project Universitas Lampung (Unila) mengadakan In House Training on Advanced Artificial Intelligence in Healthcare Research, di Hotel Horison, Bandar Lampung, pada Selasa sampai Jumat, 9-12 Juli 2024.

Kegiatan bertema "Bioinformatics and AI in Medical Research" ini dibuka langsung Wakil Rektor Bidang Akademik Unila Dr. Eng. Suripto Dwi Yuwono, S.Si., M.T.

Dr. Suripto menyampaikan, kecerdasan buatan (AI) dalam pelayanan kesehatan dirancang untuk membantu tenaga kesehatan pada pekerjaan yang memerlukan penerapan ilmu kesehatan, yang dapat dikembangkan dari penelitian di bidang kedokteran dan kesehatan.

BACA JUGA:7 Kabupaten Kota di Lampung Masuk Prioritas Nasional Pencapaian SBS

AI yang diimplementasikan dalam sistem pelayanan kesehatan dapat meningkatkan kinerja sektor kesehatan dengan mengutamakan pengobatan preventif serta memungkinkan penemuan zat obat baru.

"Dengan kemajuan teknologi, AI dapat membantu petugas kesehatan untuk mendiagnosis dan memprediksi kemungkinan yang akan dihadapi dalam dunia medis," ungkap Dr. Suripto.

Melalui pemaparan dari para narasumber, sambung Dr.Suripto diharapkan kegiatan ini dapat membangun pemahaman dan kemampuan peneliti untuk menghasilkan penelitian yang dapat diimplementasikan dalam sistem kecerdasan buatan.

BACA JUGA:Dekat Kalianda Nirwana Resort, Segini Tarif Masuk dan Naik Wahana di Pantai Bagus

Selain itu, pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan pelayanan kesehatan dengan memanfaatkan hasil-hasil penelitian yang terintegrasi secara kecerdasan buatan dalam program pencegahan, pengobatan, dan perawatan pasien.

Sebagai Informasi, Pembicara utama dalam kegiatan ini berasal dari Indonesian Medical Education and Research Institute Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (IMERI FK UI), yaitu Aisyah Fitriannisa Prawiningrum, S.T., M.Biomed., Dr. Fadilah, M.Si., Aryo Tedjo, M.Si., dan Linda Erlina, M.Farm.

Kegiatan ini turut dihadiri Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Dr. Anna Gustina Zainal, S.Sos., M.Si., Dekan Fakultas Pertanian dan Dekan FK, Ketua LPPM, Ketua Senat FK, tamu undangan dari ADB, PMU, Bappenas, serta tim PIU HETI Project Unila. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: