Iklan Bos Aca Header Detail

10 Prodi Terfavorit Jalur Mandiri Unila, Unila Terima 1.787 Mahasiswa Baru Jalur Mandiri

10 Prodi Terfavorit Jalur Mandiri Unila, Unila Terima 1.787 Mahasiswa Baru Jalur Mandiri

Konferensi Pers Pengumuman Pers Hasil Seleksi Jalur Mandiri Unila (Simanila), Pada Selasa, 16 Juli 2024. Foto Anggi Rhaisa/Radar Lampung.--

RADAR LAMPUNG.CO.ID - Sebanyak 10 Program Studi Universitas Lampung menjadi favorit dari jalur mandiri Unila.

Hal ini disampaikan Wakil Rektor Bidang Akademik, Suripto Dwi Yuwono saat konferensi pers pengumuman hasil Seleksi Mandiri Unila (Simanila) di ruang sidang rektorat lantai 2 Unila pada Selasa sore, 16 Juli 2024.

Adapun  10 Prodi terfavorit pada jalur mandiri 2024, yaitu IImu Hukum (S1), Kedokteran (S1),  Farmasi (S1),  Perpajakan (D3), Manajemen (S1),  Akuntansi (D3), Manajemen Informatika (D3),  IImu Komunikasi (S1), Teknik Sipil (D3)Dan  Keuangan Dan Perbankan (D3)

Lebih rinci, Suripto menyampaikan, bahwa Unila telah menerima sebanyak 1.787 mahasiswa baru pada jalur mandiri.

Jumlah tersebut merupakan akumulasi dari enam jalur masuk yang disediakan. Yakni jalur Simanila ujian tulis 1.510 orang, kelas internasional 6 orang, kerjasama bahasa Lampung 20 orang, afirmasi PMPAP 148 orang, afirmasi prestasi khusus 76 orang, dan afirmasi anak dosen dan kependidikan 27 orang.

BACA JUGA:Pj Bupati Tanggamus Lakukan Evaluasi Kinerja Triwulan III di Itjen Kemendagri

Wakil Rektor bidang akademik, Suripto Dwi Yuwono menyebut jumlah keseluruhan peminat mandiri Unila tahun ini sebanyak 8.648 pendaftar. Adapun nilai rata-rata UTBK sebesar 556, 4956 dengan tingkat keketatan 1:5.

"Bagi peserta yang dinyatakan lolos, diwajibkan mengisi data pokok mahasiswa untuk menentukan besaran Uang Kuliah Tunggal (UKT) dan Iuran Pengembangan Institusi (IPI),"jelas Suripto.

Sementara khusus untuk peserta jalur PMPAP, akan dibebaskan dari pembayaran UKT dan IPI selama 8 semester.

BACA JUGA:BRI Mendapat Apresiasi Wajib Pajak Patuh dan Berkontribusi Besar Terhadap Penerimaan Pajak

Suripto juga menginformasikan  penentuan besaran UKT dan IPI berbeda-beda setiap fakultas dan Prodinya.

"IPI ada dua kelompok sesuai peraturan kementerian bisa didownload di laman Simanila. Itu setiap prodi berbeda, dan bisa diangsur paling lambat pada semester dua akhir (1 tahun),"tambah Suripto.

Sementara untuk mahasiswa baru yang merasa kesulitan ekonomi, Suripto menyebut bahwa pihaknya juga menyediakan jalur banding UKT. Di mana peserta bisa mengunggah berkas persyaratan yang diminta pada laman Smanila.

"Kemudian nanti dijadwalkan secara online untuk wawancara dengan pihak fakultas dimana peserta itu diterima,"tambahnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: