Iklan Bos Aca Header Detail

Pj. Gubernur Lampung Samsudin Soroti Perkembangan Program Peternakan

Pj. Gubernur Lampung Samsudin Soroti Perkembangan Program Peternakan

Pj. Gubernur Samsudin pimpinan upacara bulanan.---Sumber foto : Biro Adpim.---

RADARLAMPUNG.CO.ID - Pj. Gubernur Lampung Samsudin menjadi pembina pada upacara bulanan bagi seluruh perangkat daerah di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung.

Upacara berlangsung di Lapangan Korpri Komplek Kantor Gubernur Lampung, pada Rabu 17 Juli 2024 dengan sub tema Sektor Peternakan

Pj. Gubernur Samsudin mengatakan, subsektor peternakan menjadi salah satu komponen yang berperan signifikan dalam pertumbuhan ekonomi Provinsi Lampung.

Terlihat dari laju pertumbuhan PDRB subsektor peternakan yang tertinggi dibandingkan subsektor lainnya dengan pertumbuhan sebesar 7,01 persen pada tahun 2023.

BACA JUGA:Keluarga Besar Radar Lampung Media Grup (RLMG): Selamat Ulang Tahun SMA YP UNILA Ke-43

"Peningkatan jumlah penduduk turut andil dalam peningkatan konsumsi protein hewani. Hal ini menjadi peluang bagi sektor pertanian, khususnya subsektor peternakan untuk terus berkembang yang diwujudkan melalui peningkatan SDM peternakan dan kesehatan hewan serta hilirisasi produk peternakan," ujar Samsudin.

Samsudin menyampaikan, kegiatan prioritas tahun 2024 yang dilaksanakan untuk meningkatkan populasi dan produksi ternak antara lain Sikomandan (Sapi dan Kerbau Komoditas Andalan Negeri).

Dari program Sikomandan sampai dengan Juni telah lahir pedet (anak sapi) sebanyak 70.517 ekor.

Kemudian, pengembangan potensi pakan melalui optimalisasi teknologi pengolahan pakan serta pengawasan dan pemeriksaan mutu pakan. 

BACA JUGA:KONI Lampung Berharap Pj. Gubernur Segera Cairkan Anggaran PON 2024

Pengembangan kawasan korporasi peternakan diharapkan dapat meningkatkan nilai produksi dengan adanya sinergi dan kolaborasi antar pihak dari hulu sampai ke hilir dan program prioritas lainnya.

Dirinya juga menekankan hal lain, yaitu terkait nilai-nilai perilaku kerja prestatif yang harus menjadi landasan setiap langkah dalam menjalankan program pemerintah dan pembangunan. 

Kerja prestatif menurutnya bukanlah sekadar sebuah konsep, tetapi sebuah komitmen untuk bekerja dengan ikhlas, cerdas, keras, dan tuntas.  

"Inilah yang harus dimiliki para ASN semuanya. Terkait dengan upacara ini, Saya minta Kepala-Kepala OPD untuk mengecek semua perangkatnya dan dipastikan hadir," ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: