Iklan Bos Aca Header Detail

YNS dan BRI Revitalisasi SD di Tampahan

YNS dan BRI Revitalisasi SD di Tampahan

--

RADARLAMPUNG.CO.ID-Pada 6 Mei 2024, di SDN 175803 Tampahan, Kabupaten Toba, diadakan acara Pekan Literasi & Ekshibisi Pembelajaran. 

Acara ini merupakan puncak dari Program Revitalisasi SD Negeri 175803 Tampahan yang diinisiasi oleh Yayasan Nusantara Sejati (YNS) dengan dukungan Bank Rakyat Indonesia (Bank BRI).

Program revitalisasi ini diinisiasi oleh YNS dengan tujuan meningkatkan kualitas sumber daya manusia di sekitar Danau Toba, yang telah ditetapkan oleh Pemerintah Pusat sebagai kawasan wisata prioritas. 

BACA JUGA:Polemik Truk ODOL Batubara, Eksekutif-Legislatif Angkat Bicara

Program ini mencakup berbagai kegiatan yang bertujuan meningkatkan kualitas pembelajaran literasi baca tulis di SD Negeri 175803 Tampahan.

Untuk mencapai tujuan tersebut, YNS dan BRI melakukan berbagai renovasi ringan terhadap bangunan sekolah, mengganti meja dan kursi, mengecat ruang kelas dan perpustakaan, serta membuat sudut baca di setiap kelas. 

Selain itu, diadakan pelatihan bagi guru mengenai literasi 9 komponen, disiplin positif, dan manajemen berbasis sekolah yang melibatkan kepala sekolah, komite sekolah, dan tokoh masyarakat.

BACA JUGA:Ela Geser Dawam Raharjo sebagai Ketua DPC PKB Lampung Timur

YNS menempatkan seorang fasilitator berpengalaman, Reni Silaban, untuk mendampingi kepala sekolah, guru, dan komite sekolah selama enam bulan dalam menjalankan seluruh kegiatan yang telah direncanakan. 

Setelah enam bulan, program ini berhasil membawa perubahan signifikan pada penampilan sekolah, sistem manajemen sekolah yang lebih partisipatif, akuntabel, dan transparan, serta peningkatan keterampilan mengajar para guru. 

Perubahan terbesar terlihat pada mindset guru yang kini tidak lagi menghukum siswa dengan cara yang menyakitkan atau mempermalukan.

BACA JUGA:Remaja SMP di Bandar Lampung Ditemukan Tak Bernyawa Gantung Diri di Kusen Rumah

Acara Pekan Literasi & Ekshibisi Pembelajaran dibuka oleh Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Toba, Rikardo Hutajulu, dan berjalan dengan semarak. 

Turut hadir dalam acara tersebut Direktur Eksekutif Yayasan Nusantara Sejati, Eka Toba Putra Simanjuntak, Manajer BRI Cabang Balige, Affan, Ketua Ikatan Guru Indonesia Kabupaten Toba, Joko Lumbantoruan, Camat Tampahan, Lisbet Mariani Situmorang, Kepala Desa Lintong Nihuta, Holong Simanjuntak, serta perwakilan dari tokoh masyarakat dan sekolah-sekolah tetangga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: