Iklan Bos Aca Header Detail

Fokus Pengembangkan Riset dan Inovasi, Universitas Teknokrat Indonesia Jalin Kerja Sama Universitas Telkom

Fokus Pengembangkan Riset dan Inovasi, Universitas Teknokrat Indonesia Jalin Kerja Sama Universitas Telkom

Foto dok Universitas Teknokrat Indonesia.--

RADARLAMPUNG.CO.ID - Universitas Teknokrat Indonesia kembali mengepakkan sayapnya untuk memperluas jangkauan dan kualitas pendidikannya, dengan melakukan penandatangan nota kesepahaman dengan Universitas Telkom di Jawa Barat, Selasa, 6 Agustus 2024.

Rektor UTI Dr HM Nasrullah Yusuf SE MBA, hadir bersama Pembina Yayasan Hj Hernaini SS M.Pd, Wakil Rektor Dr H Mahathir Muhammad SE MM, Wakil Rektor Bidang Kerja Sama dan Umum Dr Ryan Randy Suryono M.Kom, Dekan Fakultas Teknik dan Ilmu Komputer Dr Sc Dedi Darwis M.Kom, Wakil Dekan FTIK Bidang Kemahasiswaan Qadli Jafar Adrian Bmm, IT, Ketua Prodi Teknik Elektro Elka Pranita MT, dan Kaprodi Matematika Dyah Ayu Megawaty M.Kom.

Dari pihak Universitas Telkom antara lain Rektor Prof Dr Adi Wijaya, Wakil Rektor Bidang Akademik Dr Dadan Rahadian MM, Wakil Rektor Bidang Admisi Kemahasiswaan dan Alumni Dr Dida Diah Damajanti, Wakil Rektor Bidang Riset Inovasi dan Kerja Sama Dr Ir Rina Pudji Astuti MT, Direktur Akademik Parman Sukarno Ph.D, Direktur Kerja Sama Strategis dan Kantor Urusan Internasional Lia Yuldinawati Ph.D, Dekan Fakultas Teknik Elektro Bambang Setia Nugroho ST MT, dan Dekan Fakultas Teknik Informatika Dr ZK Abdurahman Baizal M.Kom.  

Rektor Universitas Telkom Prof Dr Adi Wijaya mengatakan, nota kesepahaman ini lahir dari kesamaan visi untuk meningkatkan kualitas pendidikan Indonesia. Ia berharap ada kerja sama dalam hal riset ke depan dari akademisi dua kampus ini.

Adi Wijaya ingin banyak peneliti baru yang muncul hasil dari kerja sama Universitas Telkom dan Teknokrat. Ia yakin dengan kolaborasi ini banyak kemanfaatan yang bisa dirasakan oleh masyarakat.

"Inovasi ke depan, akan semakin banyak jika kolaborasi peneliti dari Telkom dan Teknokrat bisa direalisasikan dengan maksimal. Riset, kata dia, bisa menjadi solusi bagi beragam persoalan bangsa ini," kata Prof Adi.

Adi Wijaya meyakini hasil riset dan inovasi bisa bertumbuh dengan positif. Kemampuan akademisi dua kampus ini diyakini bisa optimal di masa depan. " Khususnya dalam penerapan internet of things untuk membantu usaha masyarakat dalam beragam bidang, misalnya pertanian, peternakan, perikanan, dan lainnya," kata dia.

Sementara itu, Rektor Universitas Teknokrat Indonesia Dr HM Nasrullah Yusuf SE MBA mengaku bangga bisa melakukan kerja sama dengan Universitas Telkom. Kedua pimpinan kampus sepakat untuk sama-sama belajar dan meningkatkan mutu pendidikan di Indonesia.

"Salah satu poin menarik adalah saat Nasrullah menyebutkan pihaknya memiliki perumahan untuk dosen. Hal ini untuk mendukung tugas utama dosen dalam memberikan pendidikan kepada mahasiswa. Selain itu, rumah yang ada dinilai layak untuk keluarga dan orangtua dosen yang tinggal di dalamnya," ujarnya.

Nasrullah ingin fokus utama dosen dalam mengajar terjaga dari sisi kenyamanan. Dengan demikian, mereka bisa fokus dalam mengajar dan mempraktikkan tridarma perguruan tinggi dalam keseharian.

Rektor UTI juga menginformasikan perihal Teknokrat dan prestasi yang diraih selama ini. Termasuk operasionalisasi Magister Bahasa Inggris yang izinnya sudah terbit. Juga persiapan Magister Ilmu Komputer.

Serta menyebutkan salah seorang dosen yakni Dr Sc Dedi Darwis M.Kom menjadi ilmuwan terbaik di Indonesia versi AD Scientific Index.

Scientific Index adalah pemeringkatan internasional yang merilis daftar peringkat ilmuan/saintis universitas di seluruh dunia, termasuk di Indonesia. AD Scientific Index merupakan sistem pemeringkatan dan evaluasi dari jurnal dan universitas.

Pihak Universitas Telkom juga menyambut baik kerja sama ini. Rektor Adi Wijaya mengucapkan terima kasih atas kunjungan sekaligus penandatanganan nota kesepahaman ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: