Iklan Bos Aca Header Detail

Pemkab Pesisir Barat Gelar Sosialisasi Pemantauan Warga Negara Asing, Ini Sasarannya

Pemkab Pesisir Barat Gelar Sosialisasi Pemantauan Warga Negara Asing, Ini Sasarannya

Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) setempat, menggelar kegiatan sosialisasi pemantauan Warga Negara Asing (WNA)--

Radarlampung.co.id - Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat (Pesbar) melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) setempat, menggelar kegiatan sosialisasi pemantauan Warga Negara Asing (WNA) di Kabupaten Pesbar, yang dilaksanakan di aula Sunset Beach, Pekon Way Redak Kecamatan Pesisir Tengah, Kamis 15 Agustus 2024.

Hadir dalam kegiatan itu, Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setdakab Pesbar Audi Marpi, S.Pd., M.M., Kepala Kesbangpol Pesbar Syahrial Abadi, Perwakilan Kantor Imigrasi Kelas II Non TPI Kotabumi, Aji Kurniawan.

Selain itu, hadir juga dihadiri perwakilan Polres Pesbar,Lampung Ipda Hermanto, unsur Forkopimda, Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait dilingkungan Pemkab setempat, para Camat, serta pemilik Hotel/penginapan yang ada di Kabupaten setempat.

Kepala Badan Kesbangpol Pesbar, Syahrial Abadi, mengatakan bahwa, kegiatan sosialisasi yang dilaksanakan ini tentunya untuk menciptakan kondusifitas dan stabilitas keamanan di Kabupaten Pesbar. Karena itu, diharapkan dengan dilaksanakannya kegiatan ini dapat menjadi perhatian bersama.

BACA JUGA: 10 WNA Diamakan Imigrasi Kemenkumham Lampung Perkara Love Scamming

BACA JUGA: Imigrasi Kalianda Lampung Selatan, Amankan WNA Ilegal Asal Bangladesh

"Kegiatan sosialisasi ini juga bertujuan untuk menyatukan persepsi tentang pentingnya kerjasama semua pihak dalam pemantauan orang asing di Kabupaten Pesbar," katanya.

Dalam sambutan Bupati Pesbar Dr. Drs. Agus Istiqlal, S.H., M.H., yang disampaikan Asisten I Setdakab Pesbar, Audi Marpi, mengatakan, jika kita bicara tentang orang asing, maka ada berbagai hal yang akan muncul dalam pikiran kita.

Selain adanya dampak positif majunya aspek pariwisata yang kemudian juga akan mendukung gerak perkembangan ekonomi masyarakat, juga adanya peluang usaha dan lapangan pekerjaan yang tentunya dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat di Kabupaten Pesbar. 

"Pariwisata merupakan salah satu icon Kabupaten Pesbar, dengan objek wisata surfing yang pada saat ini ombak di Pesbar merupakan salah satu yang terbaik di dunia," ungkapnya.

BACA JUGA: Demokrat Dikabarkan Usung Mirza-Jihan untuk Pilgub Lampung 2024, Sekretaris Gerindra: Tunggu Jam 18.00

BACA JUGA: Muncul 'Konferensi Nasi Uduk', Jihan Nurlela: Awal Bulan Juli yang Indah

Namun, lanjutnya, dampak negatif dari kunjungan wisatawan luar negeri ini juga harus diwaspadai. Karena mau tidak mau akan bergaul dan berkomunikasi dengan mereka (WNA-red). Selain itu juga kemungkinan adanya misi-misi tertentu dari orang asing yang yang bertentangan dan mengancam dengan kedaulatan Negara Indonesia.

"Karena itu, dalam rangka menciptakan situasi dinamis tetapi tetap kondusif bagi pengembangan pariwisata di Kabupaten Pesbar, diperlukan stabilitas politik, sosial dan keamanan yang mantap," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: