RMD Header Detail

Terkendala Saat Akses Permen Manis Ketika Mengurus Data? Berikut Ini Solusinya

Terkendala Saat Akses Permen Manis Ketika Mengurus Data? Berikut Ini Solusinya

Kadisdukcapil Kota Bandar Lampung Febriana memperlihatkan website Permen Manis guna Kepengurusan Semua Dokumen Kependudukan.-Foto: Melida Rohlita/Radarlampung.co.id-

RADARLAMPUNG.CO.ID - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandar Lampung melalui Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) setempat menegaskan pelayanan Identitas Kependudukan Digital (IKD) lebih mudah menggunakan Permen Manis --dibanding datang langsung ke kantor.

Hal itu menanggapi masih banyaknya masyarakat yang datang ke Kantor Pelayanan Publik Satu Atap Pemkot Bandar Lampung untuk mengurus identitas kependudukan, bahkan sampai menumpuk setiap harinya.

Padahal, Pemkot Bandar Lampung mempunyai website 'Permen Manis' yang bisa diakses untuk mengurus identitas kependudukan tanpa harus datang langsung.

Kepala Disdukcapil Kota Bandar Lampung Febriana mengatakan, mengakses pelayanan dalam website Permen Manis tidaklah sulit.

BACA JUGA:Mahasiswa PKL di Bawaslu Lampung Jadi Korban Peluru Nyasar, Diduga Tembakan Berasal Dari Gedung Terdekat

Hanya saja, masyarakat belum tahu dan banyak yang tidak ingin mencoba.

"Sebenarnya itu hanya belum tahu saja, jadi tujuannya Pemen Manis ini pelayanan online untuk masyarakat yang tidak bisa datang ke Disdukcapil untuk dimudahkan dalam hal kepemilikan dokumen. Jadi masyarakat tinggal mengakses webnya saja, lalu upload berkas persyaratan," kata Febriana, Kamis, 29 Agustus 2024.

Menurutnya, ketika semua data atau berkas yang diperlukan berhasil di-upload, pihaknya bakal mengirimkan ke email pendaftaran Dinas tersebut.

"Ketika semuanya sudah lengkap, kita akan kirimkan ke email Pendaftaran, supaya masyarakat tidak perlu datang ke Disdukcapil, tidak perlu antri. Bisa menghindari takut ketemu calo, makanya lebih baik mengurus sendiri," terangnya.

BACA JUGA:Pernah Sesumbar Pilih 'Kotak Kosong’ Kini Sutikno Malah Dukung PM-MH

Lebih lanjut yang harus dipahami dalam memilih pelayanan online Permen Manis, bila banyak orang mengatakan tidak bisa diakses, Febriana mengingatkan untuk mengaksesnya pada jam kerja atau operasional saja.

"Untuk Pelayanan Online kita imbau masyarakat juga mengunggahnya di jam pelayanan kerja. Jadi pukul 07.30 WIB sampai 16.00 WIB, di hari kerja saja," ujarnya.

Dengan tegas, dirinya menyatakan bahwa semua pelayanan indentitas kependudukan, mulai dari membuat kartu keluarga, KTP, pindah KK, hingga mengurus akta kematian, bisa dilakukan di website Permen Manis.

"Semuanya dokumen kependudukan bisa dilakukan di Permen Manis, termasuk akta kematian," ucapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: