RMD Header Detail

KJRI Hamburg dan BPIP Bersama MPR RI Kuatkan Ideologi Pancasila di Jerman

KJRI Hamburg dan BPIP Bersama MPR RI Kuatkan Ideologi Pancasila di Jerman

--

RADARLAMPUNG.CO.ID-Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) Hamburg menyambut kedatangan rombongan dari Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) dan Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI di Bandara Internasional Hamburg, Selasa, 10 September 2024.

Konsul Jenderal RI di Hamburg, Renata Siagian, bersama staf KJRI, menyambut langsung kedua rombongan yang tiba di waktu berbeda.

Tujuan utama undangan dari KJRI Hamburg adalah untuk memperkuat pemahaman ideologi Pancasila di kalangan masyarakat Indonesia yang tinggal di wilayah kerja KJRI Hamburg.

BACA JUGA:Rp 40 Miliar untuk Perbaikan Jalan Lampung di APBDP 2024

Renata menjelaskan bahwa KJRI Hamburg merupakan salah satu dari tiga perwakilan RI di Jerman, bersama KBRI Berlin dan KJRI Frankfurt.

Wilayah kerja KJRI Hamburg meliputi wilayah utara dan barat laut Jerman, termasuk dua kota dengan status negara bagian khusus, Hamburg dan Bremen, serta dua negara bagian, Niedersachsen dan Schleswig-Holstein.

Wilayah-wilayah ini berbatasan dengan Laut Baltik dan Laut Utara serta memiliki akses ke Sungai Elba, salah satu sungai penting di Jerman.

BACA JUGA:Sensasi Kuliner Nusantara, Malaysia hingga Western di Newtown Coffee, Cafe 24 Jam di Bandar Lampung

Dari segi ekonomi, Renata menyoroti bahwa wilayah kerja KJRI Hamburg unggul dalam sektor industri penerbangan, kemaritiman, otomotif, logistik, ilmu hayat, dan energi terbarukan.

Selain itu, wilayah ini juga menjadi pusat riset dan pendidikan yang berpengaruh, serta memiliki berbagai institusi think tank berkualitas.

Renata menambahkan bahwa masyarakat Indonesia di wilayah kerja KJRI Hamburg didominasi oleh pelajar/mahasiswa, yang mencapai 38% dari total populasi WNI di wilayah tersebut.

Kelompok lain termasuk rumah tangga (17%) dan karyawan profesional (12%).

BACA JUGA:Giliran Ali Rahman Kukuhkan Tim Laba-Laba Kecamatan Pakuan Ratu dan Negeri Agung

Seiring dengan pertumbuhan jumlah WNI di Jerman utara, saat ini terdapat sekitar 45 organisasi kemasyarakatan yang aktif di bawah wilayah kerja KJRI Hamburg.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: