RMD Header Detail

Pj. Gubernur Samsudin Minta Masyarakat Pesisir Jadikan Pantai Seperti Halaman Rumah

Pj. Gubernur Samsudin Minta Masyarakat Pesisir Jadikan Pantai Seperti Halaman Rumah

Pj. Gubernur Lampung Samsudin melakukan bersih-bersih pantai.---Sumber foto : Biro Adpim.---

RADARLAMPUNG.CO.ID - Pj.Gubernur Lampung Samsudin bersama masyarakat melakukan aksi bersih-bersih pesisir pantai dan laut di Pantai Payang Panjang, Sukaraja, Bandar Lampung, pada Jumat 13 September 2024.

Samsudin mengatakan kegiatan Coastal Clean Up (CCU) itu untuk menjaga kebersihan lingkungan termasuk di sekitar pantai dari sampah merupakan tugas dan tanggung jawab bersama.

Disampaikan Samsudin, kegiatan CCU ini menjadi sarana edukasi dan merubah budaya hidup masyarakat dalam menjaga pesisir pantai dari pencemaran dan kerusakan akibat sampah khususnya sampah plastik.

"Jadi mari untuk bersama-sama kita jaga pantainya agar supaya tetap bersih, indah, tidak ada sampah yang di laut, tidak ada sampah yang di pinggir pantai. Menjadikan gaya hidup kita yaitu tidak membuang sampah sembarangan karena itu sesuatu hal yang tercela dan kita malu kalau lingkungan kita tidak bersih, tidak indah dan tidak rapih," ujar Samsudin.

BACA JUGA:PT Bukit Asam Raih Empat Penghargaan TOP GRC Awards 2024

Samsudin menuturkan bagi masyarakat yang rumahnya berada di pinggir pantai, diminta menjadikan pantai sebagai halaman rumahnya yang dijaga dengan bersih.

"Karena kalau sudah menjadi halaman, maka pantai itu akan dijaga kebersihan dan keindahannya, ini yang harus kita lakukan. Hal itu tanggung jawab kita semua," katanya.

Lanjut Samsudin, pemerintah provinsi, Kota Bandar Lampung termasuk Kabupaten Pesawaran dan masyarakatnya untuk bersinergi serta saling mendukung dalam menjadikan pantai-pantai ini bersih dari sampah plastik.

Menurutnya, akibat sampah-sampah plastik, menyebabkan kematian bagi spesies ikan, mencemari air laut dan mengganggu siklus hidup populasi laut.

BACA JUGA:Klik Link ShopeePay, Jumat 13 September 2024, Klaim Pencairan Saldo Shopee Gratis Sampai Rp 120 Ribu

"Ini adalah tugas kita semua. Kita sama-sama kontrol betul kalau perlu adakan CCTV pengawasan, mengontrol bagaimana pantai-pantai ini agar tetap terjaga, ini yang perlu kita lakukan ke depan," tuturnya.

Samsudin meminta masyarakat sekitar pantai dan para nelayan untuk menjaga kebersihan dengan tidak hanya mengandalkan kepada petugas dan pemerintah.

"Mari kita menjadi agen perubahan dan terus bersemangat mengambil peran dan upaya pelestarian dan penyelamat lingkungan. Mari kita turut berperan untuk menumbuhkembangkan bank-bank sampah dan komunitas peduli lingkungan," terangnya.

Pada kesempatan tersebut Samsudin menyampaikan apresiasi kepada seluruh pihak dan masyarakat yang ikut berperan dalam kegiatan aksi bersih-bersih pesisir pantai dan laut ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: