Tiga PTN Paparkan Konsep Pembangunan di Kota Baru, Ini Bocorannya

Tiga PTN Paparkan Konsep Pembangunan di Kota Baru, Ini Bocorannya

FGD dengan tema perwujudan center of excellent pendidikan di kawasan Kota Baru Bandar Negara yang berlangsung di Ruang Abung kantor Gubernur Lampung, pada Selasa 8 Oktober 2024. -Foto: Prima Imansyah Permana/Radarlampung.co.id-

RADARLAMPUNG.CO.ID - Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi Lampung Elvira Umihanni menyebut terdapat tiga Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Lampung yang sudah memaparkan konsep pembangunan kampus di kawasan Kota Baru

Konsep tersebut disampaikan, dalam Focus Group Discussion (FGD) dengan tema perwujudan center of excellent pendidikan di kawasan Kota Baru Bandar Negara yang berlangsung di Ruang Abung kantor Gubernur Lampung, pada Selasa 8 Oktober 2024.

Kata Elvira Umihanni, tiga kampus yang memaparkan konsep tersebut yaitu Politeknik Negeri Lampung (Polinela), Universitas Lampung (Unila), dan Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan.

Di mana, Polinela dan UIN Raden Intan mendapat hibah lahan dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung 50 hektar dan Unila 150 hektar.

BACA JUGA:Universitas Muhammadiyah Pringsewu Lampung Gelar Wisuda Ke-7

"Kesiapan dari PTN sebenarnya hampir sama, hanya untuk UIN agak belakangan alokasi lahan itu. Dan Unila ini sertifikatnya sudah terbit," ujar Elvira Umihanni.

Pada kesempatan tersebut Elvira Umihanni meminta ketiga PTN di Lampung ini secepatnya menyusun perencanaan sehingga aktivitas pendidikan bisa dilakukan di area Kota Baru. 

Seperti Unila, disampaikan Elvira Umihanni, sudah menyampaikan yang sifatnya pengabdian masyarakat sudah bisa dimulai di Kotabaru.

"Kami juga minta ada perencanaan jangka pendek, menengah dan panjang, kalau yang mau dibuat DED nanti jangka panjang," ucapnya. 

BACA JUGA:Sandiaga Uno Serahkan Penghargaan Untuk Pemprov Lampung

Sementara, Wakil Rektor Bidang I UIN Prof. Alamsyah mengatakan, UIN Raden Intan akan membuka tiga fakultas di Kota Baru.

Terdiri dari Fakultas Kesehatan Masyarakat, Fakultas Sains dan Teknologi serta Fakultas Psikologi. 

Kata Alamsyah, Fakultas Psikologi akan ada beberapa program studi seperti Psikologi Islam, Ilmu Tasawuf dan Psikoterapi.

Pihaknya akan mewujudkan Kotabaru sebagai kota pendidikan yang green kampus dan menjadi kota yang cerdas. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: