Lewat Inovasi Biscatur, Deffan Putra Asli Asal Tubaba Raih Mendali Emas di Ajang Internasional Kroasia

Lewat Inovasi Biscatur, Deffan Putra Asli Asal Tubaba Raih Mendali Emas di Ajang Internasional Kroasia

--

RADARLAMPUNG.CO.ID - Melalui inovasi Biscuit Cangkang Telur (Biscatur), Deffan Derricco, S.KG. berhasil mengantarkan timnya meraih mendali emas pada gelaran 48th Inova International Invention Show and Competition yang digelar oleh Word Invention Intellectual Property Association (WIIPA) 2024 di Zagreb, Kroasia.

Setelah lolos seleksi abstrak (16-20 Oktober 2024), ia dan timnya mewakili Indonesia bersaing pada kompetisi penelitian dan expo inovasi produk terbesar dan tertua di Eropa, yang diikuti oleh 4.000 peserta dari berbagai negara lainnya dan meraih prestasi di kategori Healthcare and Medicine.

Deffan Putra Asli Tulangbawang Barat (Tubaba) asal Tiyuh Tirta Kencana, Lampung, menyampaikan rasa bangga atas prestasi yang diraih.

Menurutnya, ini merupakan pencapaian bersama serta seluruh masyarakat Indonesia dengan adanya produk yang diakui oleh dunia.

BACA JUGA:Rahmat Mirzani Djausal Siap Laksanakan Program Hilirisasi dan Industrialisasi Prabowo di Lampung

"Ini adalah hasil dari kerja keras dan dedikasi semua anggota tim dan dukungan dari masyarakat Indonesia. Kami terus melakuakan inovasi tanpa henti dan saling mendukung satu sama lain,” ungkapnya saat dihubungi melalui WhatsApp.

Deffan sendiri adalah mahasiswa profesi kedokteran gigi yang sedang menjalani masa studi koass di Universitas Syiah Kuala (Aceh) dan sebagai Founder serta Marketing Director PT Bisca Innovation Indonesia yang merupakan startup FnB yang Mengolah dan Mengkomersialisasikan Biskuit Cangkang Telur Pertama di Indonesia. 

Putra kedua dari Yantoni (Anggota DPRD Tubaba Fraksi Gerindra) ini juga mengatakan bahwa motivasi dalam menciptakan Biscatur ini adalah bentuk keprihatinan-nya sebagai calon dokter melihat tingginya angka stunting di Indonesia yang masih menjadi masalah kesehatan Nasional.

"Dalam menangani masalah stunting yang masih menjadi tantangan serius di Indonesia, kami mengembangkan inovasi Biscatur. Setelah penelitian panjang, kami menciptakan sebuah inovasi produk berupa cemilan dari cangkang telur yang memiliki kandungan kalsium yang tinggi dengan kadar gula yang rendah," ujarnya.

BACA JUGA:Seleksi Kepala Sekolah Tidak Jadi Dibuka, Bagini Penjelasan Pj. Gubernur Lampung Samsudin

Berbeda dengan suplemen kalsium yang beredar di mayarakat, lanjut Deffan, kalsium dari cangkang telur dapat meningkatkan densitas tulang tanpa mengendap dalam darah.

Biscatur juga dilengkapi dengan susu kambing etawa yang tinggi protein namun lebih minim alergi dibanding susu sapi serta rasa manis yang pas dari palm sugar. 

"Biscatur ini tidak hanya mengandung gizi yang tinggi, tetapi juga memiliki rasa yang enak dan dapat disukai oleh anak-anak. Selain itu produk ini juga diharapkan dapat menjangkau keluarga dengan kondisi ekonomi rendah, sehingga membantu mengurangi angka stunting di Indonesia," ucapnya.

"Kami juga ingin menjadi wadah membuka lapangan pekejaraan khusunya untuk disabilitas seperti sahabat tuli kita. Biscatur sendiri memiliki karyawan dari sahabat tuli sebanyak 17 orang yang sejak awal kita berikan training sesuai dengan SOP Perusahaan sehingga produk yang kami hasilkan sudah memperoleh legalitas yang lengkap sehingga aman untuk dikonsumsi masyarakat," tambahnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: